10 Tahapan Acara Lamaran

Menggelar Lamaran ? Yuk Simak 10 Tahap Dalam Sususan Acara Lamaran.
Tentu banyak orang yang juga menanti kapan bisa melakukan prosesi lamaran pernikahan. Dimana pada saat prosesi inilah, pihak keluarga laki-laki akan secara resmi meminang anda menuju ikatan suami istri. Umumnya acara lamaran ini akan dilaksanakan 3 - 6 bulan menjelang pernikahan.
Di Indonesia sendiri ada berbagai ragam tradisi dalam lamaran yang bisa dianggap membingungkan ketika anda akan melakukan rundown acara. Yuk simak garis beras tahapan lamaran berikut agar kamu paham.

  • Kedatangan Keluarga Pria
    Prosesi lamaran akan dimulai dengan kedatangan keluarga dari pihak laki-laki di rumah sang wanita. Pihak wanita akan menyambut dan mempersilahkan keluarga pihak pria untuk masuk ke dalam rumah atau gedung yang di gunakan sebagai tempat berlangsung prosesi lamaran. Biasanya pihak keluarga calon laki-laki akan membawa beberapa hantaran atau yang biasa disebut dengan seserahan untuk melamar sang wanita.
  • Pembukaan Acara Lamaran
    Prosesi lamaran akan dibuka dengan kata sambutan oleh pembawa acara, dimana MC akan memberikan ucapan selamat datang serta terimakasih atas kehadiran seluruh pihak tentunya. Disini pula MC akan menjelaskan urutan acara secara singkat. Dan terakhir akan menanyakan maksut dan tujuan kedatangan keluarga sang pria.
  • Mengutarakan Maksud Kedatangan
    Perwakilan keluarga pria akan mengutaran maksud dan tujuan dari ketadatangan ke rumah pihak wanita. Dan akan menanyakan kesediaan sang calon mempelai wanita apakah bersedia untuk menikah dengan mempelai pria.
  • Penyampaian Jawaban
    Disini selanjutnya adalah penyampaian jawaban dari pihak keluarga wanita, apakah bersedia menerima atau tidak.
  • Pemberian Seserahan
    Biasanya Ibunda dari mempelai pria memberikan seserahan atau peningset kepada ibu mempelai wanita. Seserahan tersebut memiliki makna simbolis sebagai tanda keseriusan pihak keluarga pria dalam meminang mempelai wanita. Seserahan tersebut biasanya diikuti oleh rangkaian hantaran lainnya yang berisi makanan dan kebutuhan sehari-hari sang mempelai wanita.
  • Pemberian Perhiasan atau cincin
    Inilah saat melangsungkan prosesi tukar cincin lamaran. Pada umumnya, ibunda sang mempelai wanita akan memasangkan ke mepelai pria dan juga sebaliknya.
  • Perkenalan keluarga
    Sesi ini ditujukan untuk mempererat hubungan antara kedua keluarga. Pihak pria akan memperkenalkan setiap anggota keluarga begitu pula dengan pihak wanita. Biasanya sesi ini akan bersifat informal.
  • Penutupan acara
    Penutupan acara lamaran biasanya akan dilakukan dengan doa singkat, kemudian foto bersama sebelum selanjutnya dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang disediakan.
  • Makan bersama
    Seperti yang telah disebutkan makan bersama ini dilakukan setelah pembacaan doa dan foto bersama. Dimana pada sesi ini juga akan menjadi kesempatan para tamu untuk saling mengenal tentunya.
  • Pemberian Seserahan Balasan
    Biasanya hal ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak.
Nah diatas merupakan salah satu informasi tahapan acara yang di lakukan saat menggelar acara lamaran. Semoga bermanfaat ya :)