3 Langkah Mudah untuk Memulai Planning Pernikahanmu!

Kamu sudah bertunangan? Mempersiapkan pernikahan adalah langkah yang tepat kan. Kamu mungkin tiba di masa bingung untuk memulai cara memulai rencana pernikahanmu.  Bagi sebagian orang, perencanaan pernikahan merupakan proses dan hasil akhirnya kelihatan setelah berbulan-bulan, yaitu hari pernikahan. Kadang dianggap melelahkan, tapi juga cukup menyenangkan saat wira-wiri menyiapkan pernikahan.

Hal utama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan dengan benar dan tepat. Dan banyak tips dan trik untuk prepare pernikahanmu. Tetap tenang ya, memulai persiapan pernikahan itu cukup mudah dengan tiga langkah awal untuk kamu. Seperti yang telah dilansir dari bouquetandbell.com, simak yuk 3 tips berikut!

  1. Budget

Kata ‘biaya’ memang selalu dibutuhkan apapun itu acaranya. Biaya adalah kendala terbesar bagi sebagian pasangan yang akan menikah. Jalan yang harus ditempuh yaitu duduk bersama dengan pasanganmu membicarakan secara realistis dan sesuai kemampuan biaya untuk acara pernikahanmu. Tips yang harus kamu lakukan yaitu coba setidaknya beberapa bulan waktu perencanaan yang solid. Secara tidak sadar kalian sudah melewati bulan-bulan yang menegangkan tersebut, loh.

  1. Guest list

Setiap pasangan pasti sudah menyiapkan beberapa daftar persiapan untuk dipikirkan. Salah satunya, tamu undangan. Siapa saja yang akan diundang? Teman-teman dekatmu? Para rekan kerja? Ini penting untuk membuat catatan siapa saja yang bakal hadir ke pernikahanmu. Mungkin dibenakmu ingin mengundang semuanya. Boleh-boleh saja kamu lakukan itu. Mengundang semuanya akan membuatmu lebih mudah karena tak perlu menyortir siapa tamu undanganmu. Cobalah membagi dua waktu untuk acara, siang hari dan sore/ malam hari. Siang hari untuk tamu undangan yang menghadiri acara ijab kabul. Sore/ malam hari untuk tamu undangan yang dapat hadir sekitar jam enam atau jam tujuh.

  1. Venue

Ketika budget dan daftar tamu undangan sudah beres, kamu siap untuk mencari tempat atau lokasi acara pernikahan. Hal ini penting untuk dilengkapi dari daftar planningmu. Kenapa? Karena tak ada gunanya mencari lokasi atau gedung yang biayanya melampaui budget-mu. Lalu, bagaimana caranya untuk mempermudah pilihan tempat acara pernikahan? Cara terbaik menentukannya adalah: dimana tempat yang sebenarnya kalian inginkan untuk menikah? Apakah di kampung halamanmu? Dan tipe konsep pernikahan seperti apa yang kamu inginkan? Jangan lupa cek kapasitas tempat yang ingin kamu pakai, sesuaikan dengan tamu undangan ya.

Semoga lancar pernikahanmu!