4 Tips Rawat Cincin Pernikahan Emas yang Tak Boleh Terlewatkan

Salah satu simbol yang sangat dimaknai penting oleh orang Indonesia adalah cincin pernikahan. Seseorang yang telah menikah mengenakan cincin cantik di jari manis, entah itu sang suami atau istri. Dalam pembelian cincin umumnya hanya sekali saat akan menikah, kan? Jadi banyak pasangan yang selektif menentukan piliha cincin pernikahan yang pas dan cocok dipakai keduanya. Tentu saja dengan selera yang sesuai menurut masing-masing pasangan. Tapi kamu yang akan membeli cincin juga mempertimbangkan keawetannya, karena mau dipakai selamanya.

Karena pemakaian, pasti cincin bakal kotor, tergores dan akhirnya jadi kusam. Terlebih lagi setelah hampir puluhan tahun dipakai, cincin bisa berubah warna dan tak berkilau. So, supaya cincin pernikahanmu yang berharga itu lebih awet dan nampak indah terus, cincin harus dirawat. Berikut kami rangkum tips dari berbagai sumber, untuk rawat cincin emas kamu. Catat dan lakukan ya~

  1. Lepaskan cincin saat beraktivitas yang bisa menggores cincin, jangan lupakan tempat menaruhnya juga.

Bahan logam emas untuk membuat cincin memang kuat, namun bila terkena gesekan benda keras bisa menggoresnya. Kalau kamu amati, setelah dipakai bertahun-tahun, akan terdapat goresan-goresan tipis di badan cincin. Itu bisa terjadi karena aktivitas berat. Selain itu, cincin juga berpotensi hilang karena terjatuh atau tida sengaja terlepas. Lebih baik kamu melepas cincin dulu sebelum berkegiatan yang bisa bikin hilang dan tergores cincinmu.

  1. Simpan cincin ditempat yang aman kalau kamu menyimpannya. Tempatkan dalam alas yang lembut.

Soal penyimpanan, kamu juga harus memperhatikannya. Ingat-ingat dengan baik tempat dimana kamu biasanya meletakkan cincin agar tak menghilang. Kalau mau aman selalu taruh cincin pernikahan di tempat khusus dan jangan mengubah letak penyimpanan. Cincin lebih baik disimpan dalam kantong anti debu atau kotak yang berlapis kain lembut. Jauhkan cincinmu dari wastafel atau bak mandi agar tak hilang.

  1. Cincin dibersihkan rutin di rumah. Cukup modal air hangat dan sabun cuci piring, bilas dengan bersih.

Kadang-kadang cincin pernikahan dipakai saat cuci tangan, mandi. Sisa-sisa sabun deterjen biasanya menempel dan menodainya. Keringat juga bisa bikin kusam si cincin pernikahan. cara membersihkannya cukup mudah, perhiasan dari logam emas direndam di air hangat sbentar. Nah, kotoran yang menempel dihilangkan dengan sedikit sabun cuci piring. Lalu, keringkan dengan lap lembut seperti kain kacamata. Mudah, kan.

  1. Bila perlu, kamu bisa membawa cincin ke tenaga profesional untuk dibersihkan menyeluruh. Misalnya tempat penjualan perhiasan.

Warna cincin yang pudar juga bisa disebabkan karena reaksinya dengan zat kimia pada sabun, keringat, dan lainnya. Seharusnya emas memang tak mudah bereaksi, tapi jika cincin tak seratus persen dari logam emas kamu harus merawatnya dengan benar. Kasus seperti ini lebih baik kamu membawanya ke tenaga profesional agar bisa dibersihkan dan melapis ulang luaran cincin. Ada kok beberapa toko perhiasan, khususnya cincin yang memiliki garansi dan jasa pelapisan ulang.

Bagaimana? Sudah lebih paham mengenai perawtan cincin kan. Aplikasikan di rumah agar terus berkilau dan awet. Semoga bermanfaat ya.