6 Alternatif Logam Cincin Kawin untuk Kamu Pasangan Muslim

Cincin Nikah atau Cincin Kawin merupakan salah satu syarat yang perlu dipersiapkan menjelang pernikahan. Selain memperhatikan keindahan cincin kamu juga perlu memperhatikan kenyamanan pasangan dalam menggunakan cincin tersebut nantinya. Pasangan muslim khususnya, dimana pria tidak diperbolehkan menggunakan emas, berbeda dengan wanita muslim yang dapat menggunakan cincin dengan beragam material dasar.
Berikut merupakan beberapa alternatif logam yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti emas. Pastinya dengan kualitas yang tidak kalah baiknya.

  • Perak, banyak dipilih karena mudah untuk dibentuk dan juga harganya terjangkau. Perak murni memiliki sifat yang lembut yang membuatnya mudah dibentuk serta beratnya yang ringan. Karenanya, jenis logam ini relatif lebih terjangkau harganya, yakni sekitar 10 ribu setiap gramnya. Sayangnya, perak mudah tergores dan memudar warnanya. Sebagai solusi, baiknya dalam proses pembuatannya dilapisi dengan logam lain seperti rhodium agar memiliki warna dan daya tahan yang lebih baik.

  • Tungsten, meskipun terdengan asing tungsten karbida adalah logam berat yang paling tahan gores di antara logam lain. jenis logam ini terkenal dengan titik leburnya yang tinggi sehingga memiliki kelebihan yang nggak mudah tergores dan kemampuannya mempertahankan bentuk. Karenanya, tungsten karbida nggak bisa dipotong dengan cara yang sama dengan emas atau perak, melainkan menggunakan teknologi laser. Logam tungsten karbida bisa dijadikan alternatif selain emas untuk sebuah cincin kawin yang tahan lama, nggak berkarat atau bernoda, serta harganya yang juga relatif terjangkau.

  • Platinum, banyak diminati pasar sebagai pengganti emas. Platinum ini memiliki kelebihan seperti tidak mudah untuk korosi, tidak menyebabkan alergi, tampilan warna yang menarik. Cincin platina terbaik adalah cincin dengan kadar karat 95%, artinya cincin ini terbuat dari 95% platina dan 5% sisanya bahan lainnya.

  • Titanium, merupakan salah satu logam yang paling sulit dibedakan dengan lainnya yang bobotnya ringan dan gelap. Diperlukan kehati-hatian saat membelinya. Titanium memiliki tampilan menarik, daya tahan kuat dan harga terjangkau. Sayangnya logam ini dapat menimbulkan alergi untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

  • Zirkonium Hitam, jika dilihat sekilas dari segi kekuatan dan berat karakteristiknya mirip titanium. Daya tahannya nggak perlu diragukan lagi, cincin ini sangat resisten terhadap goresan maupun korosi.

  • Palladium, material ini memiliki sifat yang mirip dengan platinum maupun emas putih namun dengan harga yang tentunya lebih terjangkau. bobotnya yang ringan, warnanya yang menarik termasuk juga kemampuannya mempertahankan warna serta nggak menimbulkan alergi, sehingga para pria dapat menggunakannya dengan nyaman. Dan lagi, jika dibandingkan dengan platinum ataupun emas, palladium ini lebih tahan goresan, lho!
Nah sekarang kamu nggak perlu bingung lagi memilih logam perhiasan yang bisa kamu gunakan khususnya untuk pasangan muslim. Karena masing - masing memiliki kelebihan dan kelemahan tentunya kamu mesti jeli dalam memilih dan menentukan.