6 Pernikahan Adat Indonesia Ini Membuatmu Ingin Cepat Nyusul Nikah

Sebagai warga Indonesia, tentunya kamu tahu banyak sekali adat dan budaya yang kita miliki. Termasuk adat pernikahan di tiap daerah. Upacara pernikahan pun memiliki keunikan yang berbeda, siapa saja yang melihatnya bakal kepingin, deh! Serangkaian ritual yang dilaksanakan memiliki makna dan doa untuk pengantin. Filosofi dan nilai budaya yang kental dan harus dilestarikan. Spilla punya rangkuman enam pernikahan adat di Indonesia yang telah dilansir dari berbagai sumber berikut, simak yuk!
  1. Pernikahan Adat Jawa

Rumitnya ritual dalam prosesi pernikahan adat Jawa tidak mengurungkan niat pasangan untuk menikah dengan adat ini. Dari mulai proses pingitan sampai pesta resepsi, merupakan prosesi yang penuh makna dan filosofi. Keunikannya adalah pernak-pernik dan hiasan yang megah seperti pernikahan putri raja Jawa.

  1. Pernikahan Adat Minangkabau

Adat Minangkabau juga mempunyai tradisi pernikahan yang megah dan meriah. Riasan pengantin wanita sangat unik dengan hiasan di kepala yang cukup berat layaknya sanggul. Hiasan kepala ini menyerupai aksen rumah gadang dan identik warna emas yang mewah.

  1. Pernikahan Adat Sunda

Nah, adat Sunda ini hampir mirip prosesinya dengan adat Jawa yang mulai dari persiapan sampai pasca pernikahan. Namun, ornamen dan riasan pengantinnya berbeda satu sama lain. Mempelai wanita Sunda tidak ada paes atau lukisan di bagian wajah. Riasannya lebih dominan warna putih dengan mahkota yang super cantik.

  1. Pernikahan Adat Tana Toraja

Adat Tana Toraja memiliki tiga jenis serangkaian ritual yang berbeda. Apa bedanya? Dalam tradisinya, prosesi yang dipakai tergantung pada siapa wanita yang dinikahi. Semakin tinggi derajatnya semakin mewah pesta pernikahannya. Salah satu prosesi yang dilakukan adalah arak-arakan kedua mempelai sebelum menduduki pelaminan.

  1. Pernikahan Adat Bali

Adat Bali ini mempunyai ritual yang unik dan tak kalah sakralnya dengan adat lain. Calon pengantin wanita akan dijemput dari kediamannya menuju tempat pria. Pada riasan adatnya yaitu hiasan kepala yang sangat cantik pada mempelai wanita. Berbagai ritual yang dilaksanakan menambah kesan tak terlupakan pada pernikahan adat Bali.

  1. Pernikahan Adat Betawi

Keunikan dari upacara pernikahan adat Betawi adalah pertunjukan saat prosesi berjalan. Seperti saling berbalas pantun, pencak silat, tari-tarian di hadapan kedua mempelai saat di lokasi pernikahan. Dandanan pengantin wanita sangat menawan dengan mahkota yang membingkai wajah.

Menarik, kan? Menikah dengan adat pernikahan di daerahmu masing-masing merupakan kebanggaan tersendiri. Momen bahagia yang penuh filosofi dan meneruskan tradisi.