Alternatif Buat Kamu yang Sudah Bosan Dengan Berlian Untuk Cincin Tunangan

 

Berlian adalah permata yang biasanya menghias cincin tunangan modern. Namun, jangan salah, banyak jenis batu permata lainnya yang dapat mempercantik cincin tunangan kamu, loh. Belakangan ini, banyak orang yang lebih memilih memakai batu permata berwarna sebagai cincin tunangannya. Contoh paling terkenal yaitu cincin tunangan Putri Diana, berbentuk safir besar dikelilingi berlian kecil. Sedangkan batu permata yang digunakan adik iparnya adalah batu rubi.

Kamu tertarik untuk memilih batu permata selain berlian di cincin pertunangan? Seperti jenis batu lainnya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber, mana batu pilihanmu? Baca terus sampai akhir yuk untuk tahu alternatif batu cincin selain berlian!

Rubi

Batu jenis ini merupakan batu berwarna merah dan versi kedua dari berlian dalam tingkat kekerasan. Batu rubi mempunyai banyak warna merah, namun yang terbaik adalah warna merah muda kemerahan yang disebut darah merpati. Rubi dalam bentuk princess dan emerald cut lebih mahal daripada batu berbentuk oval dan bundar. Hal ini disebabkan batu yang dibutuhkan untuk potongan persegi lebih besar daripada yang dibuat untuk potongan oval atau bulat.

Safir

Safir bisa berwarna apa saja kecuali merah. Jenis batu safir yang paling digemari adalah warna biru dengan sentuhan warna ungu yang indah. Sedangkan warna safir pink dan jingga atau padparadscha adalah jenis safir yang langka dan sangat dicari. Layaknya rubi, potongan safir dalam bentuk persegi akan lebih mahal daripada oval. Safir bisa hadir dalam bentuk indah dengan potongan asterisme atau bentuk yang dipoles daripada disegi yang memantulkan cahaya seperti bintang.

Zamrud

Warnanya memang cocok mencerminkan kondisi negara Indonesia yang kaya akan sumber daya alam identik dengan warna hijau. Batu berwarna hijau lembut jenis ini memiliki potongan khas. Zamrud memiliki potongan yang bertingkat yang dibuat untuk menghindari sudut permata dari goresan. Batu zamrud memiliki beragam warna hijau, dengan hijau tua yang pekat merupakan jenis yang sempurna dan sangat langka serta mahal.

Opal

Batu opal merupakan batu permata unik dengan warna-warna cerah menyelimuti batu karena bidangnya yang mikroskopis dari silika dan air. Terkecuali opal api yang umumnya tak bersegi tapi dipotong dan dipoles sebagai cabochons. Opal hitam disebut jenis yang paling mahal. Dan uniknya, tak seperti permata lainnya, opal harus disimpan di dalam air.

Nah, pilihan batu mulia untuk cincin tidak terbatas pada berlian, kan? Beberapa jenis batu tadi tak kalah indah dan menawannya jika disandingkan pada cincin emas atau cincin warna perakmu. Cincin kamu semakin cantik dan unik, deh.