Apa saja Plus Minus Kalau Akad dan Resepsimu Beda Hari?

Kamu pasti sudah tahu lazimnya prosesi pernikahan terdri dari dua acara utama, yaitu akad nikah dan pesta resepsi pernikahan. Sebagian pasangan melaksanakan dua acara pada hari yang sama dengan selang beberapa jam saja. Namun, ada juga pasangan yang memilih menyelenggarakan dua acara dengan hari yang berbeda.

Penentuan hari untuk akad dan resepsi umumnya dipilih oleh pasangan dengan mempertimbangkan tanggal yang baik, atau kepentingan personal lainnya. Nah, mau di hari yang sama ataupun berbeda, kamu perlu tahu poin kekurangan dan kelebihannya seperti yang dilansir dari thebridedept.com berikut ini. Kepoin yuk!

Akad Nikah di Hari yang Sama

Poin Plus (+) :

  1. Biaya Lebih Ringan

Acara pernikahan dengan acara yang dilangsungkan sekaligus di hari yang sama akan menghemat biaya. Penggunaan sewa maupun vendor akan bisa dihitung sekali saja. Biaya rental busana pengantin pun bisa sekali tanpa harus bayar di hari yang terpisah.

  1. Repotnya Sekali

Acara pernikahan merupakan ajang pesta yang merayakan kebahagiaan sehingga banyak melibatkan banyak orang. dengan hari akad dan pernikahan digelar berbarengan, pihak yang terlibat hanya sibuk sekali saat seharian penuh. Meskipun cukup melelahkan, namun akan terasa puas karena acara telah terselesaikan hari itu juga.

Poin Minus (-):

  1. Memesan Venue/ lokasi

Bagi kalian yang ingin menggelar pernikahan seharian penuh harus siap-siap memesan venue atau lokasi jauh hari. Hal ini untuk antisipasi jika lokasi tidak bisa dibooking selama seharian penuh.

  1. Menguras Tenaga

Dua acara yang berlangsung dalam satu watu cukup menguras energi, loh. kamu butuh tenaga dan stamina prima karena harus seharian menyalami tamu dan mengikuti setiap prosesi dalam satu hari penuh. Jangan lupa untuk istirahat cukup sebelumnya agar hari H kamu tidak terlalu kelelahan. 

Akad dan Resepsi di Hari yang Berbeda

Poin Plus (+) :

  1. Lebih Santai & Fleksibel

Karena acara diadakan terpisah, pasangan akan cukup santai dan tak terlalu kelelahan. Setelah rampung akad nikah, kamu dan pasanganmu bisa istirahat sehingga fokus pada resepsi selanjutnya.

  1. Ketersediaan Venue

Pilihan venue kemungkinan akan lebih banyak karena hanya diperlukan untuk satu kali acara. Untuk acara kedua masih bisa memilih venue yang favorit tanpa takut ketersediaanya terbatas waktu.

Poin Minus (-) :

  1. Biaya Membengkak

Biaya yang kamu keluarkan akan lebih besar karena pembiayaan jasa vendor, transportasi, maupun tata rias dihitung secara terpisah alias dua kali pemakaian. Jadi kalian harus siap-siap budget lebih untuk antisipasi hal semacam ini.

  1. Dua Kali Repotnya
Kebalikan dengan acara akad dan resepsi yang digelar bersamaan, repotnya menggelar di hari yang berbeda jadi dua kali. Misalnya bagi tamu undangan harus menyisihkan waktu lebih untuk menghadiri keduanya di hari yang berbeda. Namun ada juga pilihan bagi tamu undangan untuk menghadiri salah satu acara saja. Bagi orang yang terlibat persiapan pernikahan pun harus dua kali repot karena dalam satu hari rangkaian acaranya belum selesai.