Bedanya Cincin Pertunangan & Cincin Pernikahan

Hampir setiap perempuan berangan menemukan pria dambaan yang akan memberi cincin dan menyematkan ke jari manisnya. Tahukah kalian apa perbedaannya antara cincin pernikahan dan cincin pertunangan? Ternyata ada bedanya, pahami dulu yuk biar kamu tahu. Seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber berikut, simak yuk!

  1. Pemberian Cincin

Cincin yang diberikan saat pasangan pria melamar adalah cincin tunangan. Sifat pemberian cincin ini tak wajib karena tergantung masing-masing kemauan pasangan. beberapa pasangan memilih memberikan cincin tunangan untuk mengikat hubungan ke status yang lebih serius dan dipastikan untuk menikah segera. Sedangkan cincin pernikahan, syarat wajib ada dalam acara pernikahan yang diberikan antar pasangan. Nah, pasangan yang sedang dalam budget yang pas, tidak memberikan cincin tunangan bisa lebih menghemat. Meski begitu, tanpa cincin tunangan pun pernikahan tetap berarti.

  1. Jumlah Cincin

Dalam acara tunangan, umumnya pemberian cincin hanya dari pihak pria ke wanita. Sehingga cincinnya tidak harus sepasang. Kembali lagi pada pilihan tiap pasangan dan kemampuan masing-masing. Kalau cincin pernikahan biasanya sudah pasti berbentuk sepasang untuk status menikah yaitu suami dan istri.

  1. Status Cincin

Cincin tunangan mempunyai arti kalau seorang wanita dinyatakan terikat dan akan segera melangsungkan pernikahannya dengan pria idamannya. Cincin tunangan hanya sekadar mengikat komitmen antar dua keluarga calon mempelai. Sedangkan cincin pernikahan menunjukkan komitmen pernikahan antara pasangan yang sah di mata hukum dan agama.

  1. Posisi Cincin

Sesuai tradisi yang telah berlangsung lama, umumnya cincin tunangan dipakaikan pada jari manis di tangan kiri. Sedangkan cincin pernikahan disematkan pada jari manis di tangan kiri. Kedua hal ini untuk menunjukkan perbedaan mana yang sudah berstatus tunangan atau bersuami istri.

  1. Berlian

Ada tidaknya berlian pada cincin memang bukan hal yang mutlak ada. Keberadaan berlian biasanya pada cincin tunangan terletak ditengah, ukurannya bervariasi sesuai keinginan pasangan. Sedangkan cincin pernikahan biasanya berbentuk lebih sederhana agar bisa digunakan untuk sehari-hari tidak mencolok. Namun ada yang memakai berlian yang tidak menonjol dipakai sehari-hari setelah menikah.

  1. Penggunaan

Pada dasarnya, perempuan yang tak memakai cincin pernikahan tandanya belum resmi menikah. Cincin pertunangan biasanya dipakai setelah dilamar hingga nanti resmi menikah. Cincin tunangan bisa kamu simpan setelah menikah, mau dipakai pun untuk hari tertentu saja. Namun kamu boleh kok memakai keduanya sekaligus. Sama-sama cincin yang menandakan komitmen kalian berdua.

Nah, perbedaannya tidak begitu timpang antara cincin tunangan dan pernikahan. Pada prinsipnya cincin tunangan terlebih dahulu sebelum akhirnya cincin pernikahan yang sebenarnya. Kalau sudah menikah tentunya semakin bangga memakai cincin istimewa dari pasangan, iya kan?