Bersiaplah dengan Kejutan di Tahun Pertama Pernikahan yang Belum Kamu Ketahui

Hari pernikahan memang hanya cukup sehari, sedangkan kehidupan pernikahan itu soal seumur hidup. Setelah sah dan resmi menjadi pasangan suami-istri, kalian berdua kan siap menjadi penghuni bahtera rumah tangga saat senang ataupun susah. Masa pernikahan adalah terjadinya banya perubahan dan penyesuaian yang tidak kalian sangka sebelumnya. Terutama selama tahun pertama pernikahan. Agar mental siap dan kamu tidak terlalu kaget kamu harus persiapan diri. Seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber, yuk simak hal yang akan kamu alami di tahun pertama nikah berikut ini.

  1. Finansial Bersama

Kalau kamu dan pasangan belum membahas masalah keuangan sebelum pernikahan, maka di tahun pertama topik keuangan selalu menjadi problem yang tak bisa dihindari. Pembahasan kebutuhan hidup sehari-hari dan belanja bulanan, tabungan, rencana masa depan mungkin cukup sulit di awal pernikahan. Kamu selalu bisa mengatasinya dengan sikap dewasa dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin jika menyangkut finansial.

  1. Frekuensi Bertengkar

Sering berbeda pendapat dan akhirnya cekcok ialah hal yang wajar terjadi dalam rumah tangga, asal masih bisa diredam dan keduanya bisa mengalah demi hubungan. Di tahun pertama pernikahan, perseteruan pasti akan selalu terjadi meskipun agak berkurang. Bumbu-bumbu manis pahitnya pernikahan memang ada ketika cekcok berlangsung, asalkan ada argumen yang sehat dan salah satu harus bergantian mengalah.

  1. Keluarga Kedua Belah Pihak

Berumah tangga memang indah kelihatannya, di tahun pertama kamu dan pasangan mungkin akan sering bertemu dengan keluarga pasangan. Bisa jadi keluarga pasangan akan sering hadir untuk menemui kalian daripada sebelumnya. Agar terhindar dari campur tangan yang tidak diharapkan, aturlah batasan namun tetap nyaman bersama keluarga masing-masing. 

  1. Me Time

Setelah pernikahan, secara tidak langsung semua kegiatan akan kalian jalani bersama dan putuskan berdua. Dimulai dari bangun pagi hari, makan, berangkat bekerja, bepergian sampai malam waktunya tidur kembali. Di benak kamu mungkin akan terlintas ingin memiliki waktu sendiri tanpa pasangan. Ini hal yang umum terjadi di awal pernikahan karena kamu butuh aktivitas sendiri dan tetap menjadi diri sendiri.

  1. Bertambahnya Tugas & Tanggungjawab

Ketika masih sebatas calon suami atau istri, hubungan kalian tidak dibebani dengan tanggung jawab apapun dan tugas rumah tangga. Tahun pertama adalah waktu yang akan membuat kalian harus mengatur peran dalam berkeluarga. Peran suami dan istri, termasuk mengurus keuangan, persiapan memiliki anak, dan karir pekerjaan. Semua tugas mungkin tidak akan selalu menyenangkan, namun jika dijalani dengan sabar dan ikhlas rasanya pernikahan itu memang hal yang membuatmu bertanggungjawab layaknya orang dewasa.

  1. Sisi Lain Pasangan

Nah, hal satu ini adalah kejutan yang mungkin akan membutamu terheran-heran selama tahun pertama pernikahan. Satu persatu kebiasaan pasangan akan muncul semua bahkan yang tidak kamu sangka sekalipun. Tidak hanya yang buruk, kebiasaan baik pun akan muncul. Jadi tidak perlu merasa khawatir, ya. Sisi lain ini akan membuatmu lebih mengenalnya dan harusnya kamu nikmati di masa pernikahan.

Jadi, siapkan kamu untuk menikah?