Bingung Memilih Menikah Tema Tradisional atau Internasional? Inilah Pertimbangannya

Sebagian besar pasangan yang akan menikah tentunya sudah memiliki rencana pernikahan impian. Namun, mungkin ada beberapa lainnya masih galau memilih tema pernikahan seperti apa yang istimewa untuk menjadi kenangan indah berdua. Sebelum terlalu jauh menentukan tema yang spesifik, kamu bisa memilih menikah dengan tata cara adat tradisional atau internasional. Karena masing-masing pasti ada kekurangan dan kelebihannya, kan. Kalau kamu dan pasangan masih galau pilihannya, mungkin hal berikut perlu kamu pertimbangkan menurut sumber yang telah dirangkum khusus kamu. Simak yuk!

  1. Pernikahan tema adat mungkin akan lebih ribet dan banyak prosesi yang harus dijalani, namun penuh makna sakral.

Karena negara kita terdiri dari berbagai macam suku bangsa, tentu banyak adat dan kebudayaan yang kita miliki. Termasuk acara pernikahan. Prosesi pernikahan dengan adat cenderung lebih panjang dan harus sesuai aturan adat daripada pernikahan internasional. Namun, dibalik prosesi yang panjang terdapat makna dan doa yang penuh kesakralan.

  1. Pernikahan yang lebih santai? Tema internasional mungkin akan lebih pas untukmu dan pasangan.

Suasana dalam pernikahan yang inbertema internasional umumnya lebih santai tidak seperti adat tradisional. Jadi kamu tak perlu ribet enyiapkan serangkaian proses yang mewajibkan segala hal terpenuhi. Make-up dan gaun yang ingin dikenakan pun bisa dipilih sesuai selera, ingin tampil mewah atau minimalis. Tata rias rambut atau hijab pun bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu, loh.

  1. Kalau memiliki keluarga besar dengan latar belakang adat berbeda, jangan sampai rewel memilih adat yang mana.

Kamu dan pasangan berbeda latarbelakang kebudayaan? Mungkin tidak masalah jika kalian berasal dari adat yang sama tak menemui pilihan adat mana yang harus dipakai. Nah, jika berbeda sebaiknya diskusikan mana jalan terbaik bagi kedua keluarga besar. Mau salah satu atau keduanya tidak masalah, asal sama-sama bahagia. Yang perlu diingat adalah bujetnya dua kali lipat. Nah, kalau tema internasional lebih fleksibel.

  1. Makanan bisa jadi bahan pertimbangan juga, tamu akan disuguhi makanan tradisional atau ala kebarat-baratan.

Salah satu perintilan pernikahan adalah makanan untuk dihidangkan para tamu. Makanan bisa meninggalkan kesan tersendiri bagi tamu kalian. Antara adat dan internasional, sama sama memiliki makanan khas menarik. Jika dengan makanan tradisional, kamu bisa memperkenalkan dan melestarikan tradisi makanan daerahmu. Sedangkan pernikahan internasional yang menjadi ikon adalah kue pengantinnya.

  1. Bujet adalah hal krusial yang bisa kamu pertimbangkan. Salah satunya bisa dihemat atau tidak, adalah pilihan kalian ya~

Menikah secara tradisional atau internasional biaya yang dikeluarkan tidak terlalu selisih banyak. Keduanya dapat kalian atur sesuai perencanaan bujet yang dimiliki. Namun umumnya pernikahan internasional dilaksanakan di gedung atau hotel yang membuatnya lebih menguras bujet.

Asal kesepakatan berdua, salah satu tema pernikahan bukan masalah ya. Setelah menentukan tema baru kalian susun rencana lebih spesifik mau mempersiapkan pernak-pernik seperti apa. Semoga bermanfaat!