Bingung Menentukan Mau Menikah di Gedung Atau Rumah? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Pertimbangan yang harus dipikirkan saat menentukan berbagai opsi dalam mempersiapkan pernikahan kadang membuat pusing sendiri. Hal-hal yang kelihatannya sepele saja diperhitungkan dengan matang-matang, apalagi persiapan resepsi pernikahan. Memang banyak alternatif yang bisa dipilih. Seperti macam hotel, gedung, rumah, pantai, semuanya tidak ada yang buruk. Namun, umumnya jika ingin yang lebih murah, rumah akan menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya murahnya saja yang perlu dipertimbangkan, ada hal lain loh. Beberapa ada yang perlu kamu pikirkan, seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber berikut ini. Lebih-lebih ketika kamu dilema memilih di gedung atau di rumah ya?

  1. Menyewa gedung lebih praktis dan tidak ribet, semua sudah siap tinggal melangsungkan pernikahan.

Kelayakan tempat untuk menikah selalu dipertimbangkan, kalau di gedung pasti dipilih karena tidak mau ribetnya. Segala hal telah disiapkan pihak gedung termasuk dekorasi dan makanan untuk tamu undangan. Kalau di rumah, kamu masih menghitung biaya sewa tenda, pemasangannya, dan dekorasi pendukung. Kamu juga harus memikirkan ribetnya beres-beres setelah acara usai. Meskipun bukan pengantinnya juga yang membereskannya.

  1. Acara di gedung waktunya lebih terbatas, berbeda jika di rumah bisa bebas.

Gedung sewaan merupakan tempat yang banyak disewa, karena itu memiliki batasan jam tertentu. Kalau kamu masih berfoto-foto tapi jam sewa sudah habis, masa harus buru-buru? Kalau mau lebih pasti, kamu bisa konfirmasi lagi sampai berapa jam waktu sewa acaramu. Lalu sesuaikan dengan jadwal acaramu. Lain lagi kalau di rumah, kamu bebas foto-foto sampai kehabisan gaya. Waktunya tergantung kamu, kan.

  1. Cek daftar tamu undangan, kalau banyak lebih aman menyewa gedung. Meskipun rumah pun dapat menampung.

Nah, bagi yang memiliki lahan terbatas di rumah, pekarangan tidak luas, menjadikan gedung tempat pernikahan adalah pilihan aman. Kapasitasnya bisa kamu sesuaikan dengan daftar tamu yang banyak. Kalau tamu kamu tidak terlalu banyak yang diundang, di rumah pun tak jadi masalah.

  1. Sebisa mungkin jangan sampai perhelatan pernikahanmu menutup jalan depan rumah. Pastikan lahan kalau mau menikah di rumah.

Ya, lama acara pernikahan memang hanya sehari, tapi kalau merepotkan banyak orang yang mau lewat jalan depan rumah, tidak kasian? Kerepotan karena jalan utama di tutup demi pernikahanmu akan dialami tidak hanya satu orang. Kamu juga perlu meminta ijin pihak yang bersangkutan jika mengganggu urusan orang lain.

  1. Rumah adalah tempat yang penuh kenangan, jika di rumah sepertinya menambah satu lagi kenangan berhargamu.

Sejak kecil kamu sudah tumbuh hingga dewasa di lingkungan rumahmu, tentu banyak hal-hal yang indah sudah menjadi kenangan. Seperti bermain, belajar, terjatuh, tertawa, semua terkumpul di rumah. Menikah di rumah akan menambah satu lagi kenangan yang penting dalam masa hidupmu.

Keputusan terakhir ada di tangan kalian, ya. Kembali lagi pada urusan biaya dan diskusi dengan pasangan ataupun keluarga. Jangan sampai merepotkan apalagi cuma menuntut gengsian. Konspe pernikahan yang diadakan dimanapun tetap tak terlupakan momennya.