Cara Membersihkan Cincin yang Benar Berdasarkan Jenisnya

Anda suka memakai cincin ? Atau anda memiliki berbagai macam koleksi cincin ? Atau anda ingin membersihkan cincin kawin anda ? Pastinya diperlukan perawatan khusus untuk menjaga kilau dan kecantikan cincin. Maka dari itu yuk simak beberapa tips yang telah kami rangkum khusus untuk anda.

Anda bisa dengan mudah membersihkan cincin yang anda miliki dengan bahan – bahan rumahan ataupun yang di jual di swalayan.

  1. Sortir Cincin
    Sebelum anda tahu bagaimana cara membersihkan cincin, tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyortir cincin yang anda miliki sesuai dengan bahan dasar pembuatan cincin tersebut. Oleh karenanya anda perlu memahami dengan cincin anda terbuat dari apa.
  1. Membersihkan Cincin Emas secara Kering
    Emas merupakan salah satu bahan dasar pembuatan cincin yang paling populer. Hal ini wajar saja karena emas merupakan jenis logam yang tahan ama, indah serta harga jual belinya yang stabil. Cara membersihkan cincin emas dengan cara kering adalah dimana anda cukup mengelap permukaan cincin dengan kain serat lembut dan jika ada bagian yang tidak bisa di jangkau anda dapat menggunakan sikat gigi kering atau jarum.
  1. Membersihkan Cincin Perak
    Selain emas perak merupakan salah satu cincin yang laris dipasaran. Bisa dibilang dari fisiknya perak hampir mirip dengan emas tapi harganya jauh lebih murah. Karena itu perak cepat pudar warnanya. Jika disimpan terlalu lama atau tidak dipakai maka warna perak akan berubah kekuning-kuningan. Untuk membersihkan cincin perak ini selain memerlukan kain serat lembut anda juga harus menyiapkan air. Basahi kain lap dengan air, lalu lap cincin dengan lembut. Andapun harus membersihkan cincin perak anda dengan rutin.
  1. Larutan Pembersih cincin
    Jika anda tidak yakin bahwa cincin anda belum bersih, ada produk khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan cincin anda.Ada produk pembersih cincin contohnya jewelry cleaner biasanya berbentuk liquid. Sayangnya produk ini susah ditemukan.
  1. Pasta Gigi
    Jika tidak ada jewelry cleaner anda tidak perlu khawatir, anda masih bisa menggunakan bahan lainnya yang ada dirumah contohnya pasta gigi. Tetapi tidak semua pasta gigi cocok, pilih pasta gigi yang memiliki kandungan floride dan soda kue. Biasanya pasta gigi yang flouridanya tinggi adalah pasta gigi murah yang warna nya putih.
  1. Sabun Cuci Piring
    Ternyata sabun cuci piring termasuk juga dalam cara membersihkan cincin. Bahan ini sangat bagus untuk membuat cincin kembali bersih khusunya cincin dengan bahan dasar emas. Caranya siapkan mangkuk, air hangat, sabun cuci piring.
    Tuangkan air kedalam mangkuk lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring dan larutkan. Kemudian anda masukan cincin anda ke dalam mangkuk, lalu rendam selama 10 menit dan gosok dengan sikat gigi jangan lupa bilas dengan air bersih setelahnya.
  1. Garam
    Garam sangat cocok untuk membersihkan cincin dengan bahan perak, anda hanya perlu menyiapkan mangkuk, air, soda kue, garam dan alumunium foil jika ada. Rendam semua cincin perak anda dalam larutan dengan bahan dasar di atas. Anda bisa merendam kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  1. Lemon
    Cara ini sangat cocok digunakan untuk cincin imitasi. Cincin imitasi tidak memiliki kilau alami, sehingga dirawat dengan ekstra untuk menjaga kilaunya. Anda cukup menggosokkan potongan buah lemon pada cincin imitasi anda. Anda juga bisa menambahkan bubuk soda kue pada potongan lemon. Atau dengan merendam cincin ke dalam air perasan lemon selama semalam.
sekian tips yang kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat.