Cara Tepat Memilih Berlian untuk Cincin

Anda tentunya ingin memberikan cincin terbaik bukan untuk pasangan anda ? Atau anda ingin memberikan cincin yang melimiki berlian ? Kali ini anda tidak perlu bingung, yuk simak tips memilih berlian berikut :



  • Ketahui tentang berlian, berlian memang cenderung menjadi pilihan cincin pertunangan / kain tradisional karena tahan lama dan cocok dengan apapun. Berlian sendiri merupakan material yang keras sehingga cocok sebagai permata dalam sebuah cincin. Berlian tidak akan kehilangan kilaunya serta tahan terhadap goresan. Anda juga perlu mengetahui berlian hanya akan tergores oleh berlian lainnya. Karena cincin kawin / tunangan lebih digunakan sehari – hari banyak orang yang memilih cincin dengan berlian yang sesuai untuk pemakaian sehari-hari. Anda juga dapat memilih permata selain berlian hanya jika kekasih anda menyukai batu permatalainnya.
  • Gunakan karat untuk menentukan berat atau ukuran umum berlian. Karat ini sendiri mengacu pada unit berlian yaitu berat dan bukan besarnya. Setiap ukuran karat memiliki 100 poin dasar yang merupakan ukuran presentase karat berlian. Misal berlian dengan 75pt berarti berlian dengan kadar 75% atau 0,75 karat. Karat lebih tinggi umumnya berukuran lebih besar dan pastinya lebih mahal.
  • Pertimbangkan apakah anda ingin berlian bening atau berwarna. Ingat berlian sendiri memiliki warna yang bervariasi tetapi kebanyakan orang akan memilih berlian putih atau bening untuk cincin kawin/ tunangan. Warna berlian sendiri digolongkan dari D (tak berwarna dan langka) dan berlian berkualitas terbaik ada pada kisaran F dan H, tetapi semua kelas dari D ke I semua hampir sama ketika dipasang.
  • Perhatikan kejernihan berlian yang akan anda beli. Anda juga perlu mengetahui bahwa semakin sedikit ketidak sempurnaan berlian maka akan semakin bagus kejernihannya dan semakin banyak cahaya yang akan di berkilau. Nyatanya semakin berlian alami maka akan semakin tinggi nilainya. Berlian sempurna sendiri sangat sulit ditemukan karena langka. Berikut ada beberapa tips :
  1. Skala untuk menentukan kejernihan berlian adalah F1 (tanpa cacat), VVS1 dan VVS2 (inklusi sangat sedikit), VS! Dan VS2 (inklusi sedikit sekali), SI1 dan sI2(inklusi sedikit), dan I1, I2 serta I3(tidak sempurna).
  2. Berlian dilihat dengan kaca pembesar hingga 10 kali lebih besar untuk menilai kejernihannya karena ketidaksempurnaan yang paling kecil sekalipun sulit dilihat dengan mata telanjang. Ini berarti ada beberapa pilihan berlian yang tersedia bahkan untuk anggaran yang rendah. Akan tetapi, jika Anda dapat melihat cacat tanpa kaca pembesar, berpikirlah lagi sebelum membeli.
  • Pilihlah potongan berlian yang tepat. Cara memotong berlian sendiri ada berbagai cara dan tentunya tiap tipe potongan mempengaruhi kilau berlian sendiri. Potongan yang menghasilkan kilau paling banyak adalah round, radiant dan princess bagus untuk menyembunyikan cacat. Square, emerald, pear, marquise, cushion, asscher dan hati juga termasuk. Potongan dengan kualitas tinggi lebih baik ketimbang berat atau warna dan kejernihan.
  • Kepraktisan cincin. Jika pasangan anda suka bepergian ke alam makan anda harus mempertimbangkan membeli cincin yang tahan pemakaian dan kerusakan akibat aktifitas luar. Semakin tinggi posisi berlian maka semakin mudah tersangkut pada pakaian dan lainnya. Maka carilah permata yang dipasang lebih rendah untuk pasangan yang aktif dengan kegiatan luar dan sebagainya.
Diatas merupakan tips yang kami rangkum untuk memilih berlian sebelum anda membelinya, semoga bermanfaat sobat.