Gimana Hindarkan Rasa Gugup Saat Ijab Kabul? Ini Langkahnya

Detik-detik ketika akan mengucapkan ijab kabul adalah hal yang membuat mempelai pria deg-degan. Menjelang momen sakral itu jantung berdebar lebih kencang karena memang mau jadi suami sah sang pujaan hati. Sedangkan mempelai wanita mungkin  merasakan hal yang sama gugupnya, namun pihak si pria lebih banyak deg-degannya. Kalau salah berulang-ulang mengucap kan bisa jadi masalah. Bukan masalah harga diri saja yang diuji, tapi kesungguhan untuk meminang calon istri disampingnya. Daripada semakin gugup, simak tips berikut yang dilansir dari hipwee.com:

  1. Biar nggak lemes saat ijab kabul, badan harus bugar

Hari pernikahan memang butuh persiapan lahir batin, badan harus tetap fit menjelang ijab kabul. Lebih baik jaga-jaga dengan minum vitamin dan olahraga. Cukup latihan yang ringan-ringan, dan jangan malas bergerak. Mau jadi raja di pernikahan harus kelihatan fresh luar dan dalam.

  1. Ingin lancar jaya ngucapinnya, harus latihan

Latihan membuat sempurna, ungkapan itu mungkin benar adanya. Menjadi sosok yang handal harus banyak latihan. Agar kamu bisa, maka harus biasa. Cobalah latihan sebelum benar-benar mengucapkan janji di hadapan orangtua wali calon istrimu. Caranya? Praktikkan di depan teman atau saudara laki-laki.

  1. Buatlah relaks dirimu menjelang hari H

Beberapa hari menuju hari pernikahan, biasanya jantung makin deg-degan dan pikiran tak bisa tenang. Kepikiran terus akhirnya membuat kamu tidak santai. Nah, buatlah relaks badan dan juga pikiran. Misal pijat badan agar mengendurkan otot yang kaku. Supaya pikiran relaks, dengarkan musik dan tanamkan sugesti positif. ‘Tenang, ngucapin ijab kabul cuma satu kalimat doang, aku bisa.’

  1. Jangan lupa sarapan sebelumnya

Sarapan pagi bukan hal sepele. Mengisi perut sebelum ijab kabul penting biar kamu tetap fokus. Perut keroncongan berbunyi saat menjabat tangan wali calon istri kan jadi lucu. Lebih baik fokus ijab kabul daripada kepikiran lapar karena belum sarapan.

  1. Hal terpenting, berdoalah

Prosesi ijab dan kabul antara wali dan mempelai pria harus jelas beruntun dan tidak berselang waktu. Supaya lancar jaya, tetaplah berdoa untuk momen sekali seumur hidupmu itu. Setelah usaha dan persiapan yang dilakukan, doa selalu dipanjatkan untuk memohon kelancaran.

Langkah tadi semoga bisa membantumu sukses dan tak gugup ketika ijab qabul. Semoga lancar di hari H dalam urusan itu. Selamat menempuh babak baru dalam hidup ya!