Ingat! Konsultasi Pra Nikah Jadi Aspek Penting Bagi Kamu dan Pasanganmu

Menikah bukanlah hal yang dapat dilakukan secara sembarangan. Kamu dan pasanganmu butuh kesiapan yang matang, baik secara mental, finansial, maupun fisik. Oleh sebab itu, konsultasi pra nikah menjadi aspek yang sangat penting untuk dilakukan. 

Konsultasi dilakukan untuk membahas banyak masalah penting agar dapat mengidentifikasi segala bentuk konflik potensial. Contohnya, ketika keluarga atau orang tua pasangan melakukan intervensi, maka kamu dan pasanganmu akan diberikan pengarahan atau solusi untuk menghadapi segala tantangan tersebut.

Konsultasi atau konseling ini membantu kamu dan pasanganmu untuk siap dalam menghadapi segala masalah yang akan timbul dalam kehidupan rumah tangga nantinya. 

“Konseling pranikah membantu pasangan membuat blue print untuk kehidupan mereka bersama,” kata Sabrina Romanoff, PsyD, psikolog berlisensi dalam hubungan dikutip Very Well Mind.

Dalam melakukan konseling, kamu dan pasanganmu akan banyak membicarakan soal prinsip. Terdapat beberapa prinsip yang nantinya akan kamu bahas, yakni:

Keinginan memiliki anak

Kamu dan pasanganmu akan berdiskusi terkait kapan akan memiliki anak, berapa jumlah anak yang diinginkan, dan apa saja yang harus dipersiapkan.

 

Tempat Tinggal

Dalam hal ini, kamu dan pasanganmu akan berdiskusi tentang apakah akan tinggal sendiri atau terpisah dari mertua, rumah seperti apa yang hendak dipilih, berapa jumlah budget yang akan dikeluarkan untuk biaya rumah, dan lain sebagainya. 

 

Kepengurusan dalam rumah tangga

Dalam hal ini akan membahas mengenai apakah hanya istri yang akan bertanggung jawab dalam mengurus anak atau suami akan turut serta dalam menjaga dan mengurus anak. 

 

Finansial

Ini akan menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk dibahas. Kamu dan pasanganmu akan membahas mengenai pembagian dalam keuangan rumah tangga dan kesepakatan seperti apa yang diputuskan apabila terjadi permasalah tak terduga terkait uang. 

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat terasa bahwa konsultasi pra nikah adalah aspek yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini juga dapat membantumu dan pasanganmu dalam menghadapi lingkungan sosial. 

So, jangan lupakan konsultasi pra nikah untuk kamu yang sudah memiliki keyakinan dengan pasanganmu.

Kamu dan pasanganmu dapat mengunjungi Spilla Jewelry untuk mempersiapkan pernikahan. Tersedia berbagai model cincin dengan jenis material mulai dari silver, platinum, palladium, dan emas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Let's check it out!