Ingin Tahu Keaslian Berlian ? Yuk Simak Tips-nya

Anda ingin investasi berlian ? Atau membeli cincin dengan berlian ? Investasi berlian memang sudah berkembang dan banyak digemari karena tidak memakan ruang, tahan lama serta tidak mudah rusak, tehan terhadap inflasi, indah dan tidak lupa bersifat fisik.
Tetapi bagaimana membedakan berlian asli atau palsu ? Yuk kita simak beberapa uji coba atau tips yang bisa anda lakukan dibawah ini agar anda tidak tertipu.

- Tes Embun

Cara melakukan tes ini sangat mudah anda hanya perlu untuk menghembuskan embun nafas ke arah berlian seperti menghembuskan nafas di cermin. Kemudian amati hasilnya, apabila bertahan selama beberapa detik besar kemungkinan berlian tersebut palsu tetapi jika embun mengering dengan cepat maka inilah salah satu ciri berlian asli. Berlian asli akan mendispersikan panas dari napas anda sehingga tidak mudah untuk berembun. Pastinya agar lebih memudahkan anda harus mengecek pada 2 berlian sekaligus dengan satu berlian yang sudah terbukti ke asliannya.

- Tes Stempel

Berlian asli sendiri umumnya akan dipasangkan dengan emas ataupun platina. Anda dapat melihat keaslian berlian dengan melihat stempel yang ada pada logam mulia, emas / platina biasanya memiliki stempel 10K, 14K, 18K, 585, 750, 900, 950, PT, Plat. Sedangkan untuk stempel dengan tanda C.Z. biasanya menunjukan kepalsuan karena merupakan sejenis sintetis.

- Kaca Pembesar

Biasanya tes ini dilakukan ditoko perhiasan apabila anda ingin membeli berlian dan mereka akan menggunakan kaca pembesar khusus atau lup. Caranya dengan memperhatikan, jika berlian memiliki cacat kecil alami yang biasa disebut inklusi bentuknya serupa serpihan kecil mineral lain atau perubahan warna. Sementara berlian yang tidak memiliki kecacatan artinya adalah berlian tersebut dikembangkan di lingkungan steril dan tidak terbentuk alami di bumi dan biasanya berlian seperti ini adalah CZ atau berlian buatan.

Bagaimana sudah bisa membedakan ? Diatas merupakan beberapa cara mudah yang bisa kalian lakuan untuk memastikan keaslian berlian. Tetapi hal di atas juga tidak dapat dipastikan 100% karena berlian asli juga ada yang tidak memiliki kecacatan. Ingat jangan menjadikan kecacatan pada berlian sebagai kriteria utama. Anda harus melakukan uji lainnya dahulu sebelum memutuskan.