Inilah 8 Diskusi Wajib Kamu dan Pasangan Sebelum Menikah

Sebentar lagi hubungan kamu dan calon pasangan akan menuju pelaminan? Sudahkan kalian membahas hal mendasar dengan calon partner hidup? Jangan sampai hanya tahu permukaannya saja, ya. Kamu perlu tahu menahu antar pasangan. Bahasan ini penting dan masih bisa kamu bicarakan sebelum menikah nantinya. Berikut hal yang  biasanya dijadikan topik diskusi wajib menurt berbagai sumber. Yuk simak bersama!

  1. Agama & Kepercayaan

Topik ini adalah hal utama dalam urusan menikah. Seagama atau berbeda agama merupakan topik yang bukan baru lagi. Ada baiknya kalian membicarakan dengan serius untuk saling menghargai ideologi keprcayaan masing-masing. Setiap orang punya prinsip hidup berbeda karena keyakinan mereka pula. Nah, sejajarkan pandangan kalian dari segi agama agar kalian saling memahami.

  1. Komunikasi

Ya, komunikasi memang penting dan paling inti dalam suatu hubungan manusia. Tapi bagaimana mengerti bahasa masing-masing dalam komunikasi kalian? Pahami pasangan kamu dengan pandai membaca bahasa verbal ataupun nonverbal. Hal ini mempermudah penyelesaian masalah yang akan terjadi nanti.

  1. Finansial

Tak kalah penting adalah keuangan yang harus dibicarakan terbuka atau transparan dengan pasangan. Lebih baik lagi bila dibahas secara mendetail mulai dari aset, kebiasaan belanja, pengelolaan rumah tangga, daftar hutang, asuransi dan lainnya. Jangan sampai menutup-nutupi yang justru membawa masalah di rumah tangga kalian nantinya.

  1. Lokasi/ tempat tinggal

Kalian belum mantap menetap di sebuah kota untuk kalian huni? Masih menunggu keputusan tepat soal rumah tinggal bersama? Maka diskusikanlah selagi masih bisa mempersiapkan. Ini akan menentukan hal lainnya seperti pekerjaan karir, membesarkan anak, sekolah anak.

  1. Anak

Nah, perihal anak kalian harus tentukan, mau punya anak berapa dan jika tidak, apakah pasangan akan menerima? Atau kalian ingin menunda memiliki anak dalam jangka waktu cukup lama. Kamu harus bisa mengantisipasi juga jika memiliki anak diluar jadwal rencana kalian setelah menikah. Selain itu pengasuhan anak seperti apa yang kalian terapkan. Meskipun masih membayangkan, tak ada salahnya ada kesepakatan dari diskusi untuk gambaran besar kelak.

  1. Karir

Setiap orang punya keinginan dan komitmen pekerjaan masing-masing. Agar suami dan istri satu prespektif, bahas dulu apa rencana karir kalian setelah menikah baik jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Kehidupan Sosial

Meskpiun sudah satu rumah dan segala hal bisa dilakukan berdua, bukan berarti kalian tidak punya kehidupan sosial diluar rumah. Dunia psosial kalian juga masih ada setelah menikah. Namun, tiap pasangan ada prinsip berbeda dan harus kalian bahas ekspektasi tentang gaya kehidupan sosial kalian nanti.

  1. Masa Depan

Terakhir adalah diskusi ringan tentang masa depan jangka panjang kalian. Tidak harus detail, cukup gambaran besar untuk menjadikan topik pembicaraan penuh harapan positif. Buat target bersama dan bagaimana mencapainya bersama. Kuncinya adalah tetap konsiten agar perjalanan rumah tangga kalian aman dan langgeng.