Inilah Tren Cincin Tunangan dari Tempo Dulu Hingga Masa Kini

Tren mode selalu berganti seiring berjalannjua waktu, begitu pula tren cincin tunangan selalu ada yang berganti setiap kurun waktu tertentu. Gaya cincin tunangan dari sepuluh tahun ke tahun berikutnya dapat berbeda. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau gaya yang pernah jadul kembali menjadi tren di dekade berikutnya. Nah, kamu ingin tahu seperti apa saja model cincin tunangan yang ngetren disetip zamannya? Berikut referensinya seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber. Simak terus yuk! 

Tahun 1950-an

Berapa pasangan memilih logam emas kuning dan rose gold untuk digunakan cincin tunangan. Dan desain rangka cincin yang melengkung dan berlian bulat di tengah membuat cincin model ini berbeda dari yang lain.

Tahun 1960-an

Permata berlian bulat yang simple sudah ketinggalan ditahun 60-an. Berlian model lain telah menggantikannya, yaitu jenis emerald, berlian pear dan marquise. Nah, untuk jenis logam cincin, platinum mulai digemari dekade ini.

Tahun 1970-an

Di era ini, cincin chanel set menjadi yang terpopuler. Cincin dengan aksen berlian ditempatkan diantara dua strip logam. Sedangkan cincin pernikahan yang mendampinginya juga menjadi tren pada waktu itu. Cincin dengan berlian unik dan emas mulai kalah populer ditahun 70-an.

Tahun 1980-an

Di tahun 1980-an model cincin yang populer adalah bentuk berlian bulat sederhana, atau lebih dikenal dengan cincin solitaire yang di kedua sisinya terdapat berlian kecil. Sekilas cincin ini terihat seperti milik ibu kamu, kan?

Tahun 1990-an

Selama tahun 1990-an jenis cincin dengan potongan radiant paling populer. Radiant cut yaitu berlian persegi pertama yang diperkenalkan pada tahun tersebut. Cincin ini sering didampingi batu bentuk segitiga di kedua sisinya. Cincin pertunangan yang cantik, bukan?

Tahun 2000-an

Seiring berjalannya waktu, model cincin semakin berkembang. Awal 2000-an berlian model princess cut menjadi gaya yang disukai. Berlian princess cut dengan cepat populer awal 2000-an. Biasanya berlian persegi kecil dipasang di kedua sisi rangka cincin. Semakin menambah kilau cincin pertunangan.

Tahun 2010-an

Pada era ini, pengaturan cincin paling populer adalah Halo setting dengan permintaan batu berwarna yang berbeda. Batu utama ditengahnya akan semakin bercahaya dan terlihat makin besar. Unik, ya!

Tahun 2018

Nah, di abad 21, tren cincin yang sedang populer adalah berlian three stone yang juga dipakai Meghan Markle. Tiga batu berlian bisa dimanai sebagai masa lalu, masa kini, dan masa depan. Hal ini membuat cincin bermakna romantis dan nilai tambahan bagi orang yang mengutamakan makna dari cincin tunangan. 

Jadi, cincin seperti apa yang paling kamu sukai?