Kalimat yang Bisa Kamu Praktikkan Ketika Sungkeman di Pernikahan

Di acara pernikahan terdapat prosesi sungkeman yang penuh haru antara sang anak dan orangtua. Momen tersebut sering membuat penasaran bagi kebanyakan orang yang belum pernah melakukannya. Pernahkah kalian bertanya-tanya sebenarnya apa sih yang diutarakan oleh pengantin maupun orangtua? Apalagi momen tersebut dibarengi dengan air mata yang mengalir karena terharu.

Bagi kamu yang ingin tahu kalimat apa saja yang diungkapkan saat prosesi sungkeman, kali ini ada beberapa kalimat yang akan menghilangkan rasa penasaranmu. Seperti yang dilansir dari hipwee, berikut kalimat haru tersebut. Kepoin yuk!

  1. Bapak, Ibu, maafkan kesalahan saya selama ini…Saya belum bisa jadi anak yang baik untuk Bapak dan Ibu

Umumnya kedua pengantin akan meminta maaf atas kesalahannya pada orangtua. Sungkeman menjadi momen tepat karena sang anak akan lepas dari tanggungjawab orangtua dan akan membangun rumah tangga milik mereka sendiri.

  1. Terima kasih untuk semua yang sudah Bapak dan Ibu berikan. Maaf ya Pak, Bu, saya belum bisa membalas semua kebaikan Bapak dan Ibu selama ini

Selain memohon maaf, ungkapan terimakasih adalah kalimat yang tepat saat sungkeman. Bagaimana tidak, kedua orangtua sudah merawat dan membesarkan kita selama ini patut kita hormati. Sampai seumur hidup pun membalas budi orangtua tidak akan pernah cukup.

  1. Mohon restu ya, Pak, Bu, saya akan menikah dengan seseorang pilihan saya. Doakan saya bisa membangun keluarga yang harmonis seperti Bapak dan Ibu membangun keluarga kita

Pengantin akan memohon doa restu agar pernikahannya dapat harmonis dan langgeng ketika prosesi sungkeman. Karena ridho orangtua adalah ridho Allah juga, bukan? harapan yang diucapkan tak lain adalah dapat membina keluarga yang didukung orangtua.

  1. Bapak dan Ibu, tegur dan nasihati kami jika ke depan masih ada salah. Bimbing kami selalu dalam menjalani kehidupan berumah tangga ya, Pak, Bu…

Bagaimanapun juga, seorang manusia tidak lepas dari kesalahan ketika dewasa dan berumah tangga. Oleh karena itu, meminta bimbingan kepada orangtua adalah hal yang tepat. Orangtua dapat memberi nasihat lebih bijaksana demi anak tersayangnya.

  1. Kami doakan semoga Bapak dan Ibu selalu dalam keadaan sehat dan diberikan umur yang panjang. Saya sayang Bapak dan Ibu...

Sebagai anak yang berbakti kepada orangtua, memanglah wajib mendoakan ayah dan ibu agar selalu diberikan yang terbaik. Dimanapun seorang anak berada, mendoakan orangtua adalah suatu kewajiban yang tak boleh ditinggalkan. Prosesi sungkeman adalah salah satu waktu yang tepat mengutarakan hal baik terhadap dua orang yang berjasa membesarkan kita.

Pernikahan adalah gerbang menuju kehidupan yang baru sbeagai pasangan suami istri. Momen sakral ini patut dirayakan dan direnungi sepenuh hati. Tidak heran ketika sungkeman seringkali berlinang air mata yang haru sekaligus gembira. Kamu nanti bakalan bisa nahan isak tangis gak nih?