Kamu Masih Bingung Menentukan Jumlah Undangan? Ini Tipsnya!

Hari pernikahan adalah hari bahagia dimana kamu ingin berbagi kepada tamu undangan. Mempunyai banyak teman dan relasi memang hal yang menyenangkan, tapi pada kondisi tertentu bisa menyulitkan ketika menentukan jumlah tamu undangan. Rasa khawatir, bingung dan tidak enak hati mungkin kamu alami karena menentukan jumlah tamu undangan pernikahan. Nah, bagaimana cara mengantisipasi agar kamu mudah menentukan tamu undangan? Cara mudah memastikan jumlah undangan pernikahan dapat kamu simak berikut ini.

  1. Anggarkan biaya total pernikahan

Biaya yang kamu anggarkan akan berpengaruh pada jumlah tamu yang hadir. Kenapa? Ketika biaya besar tentu kuantitasnya pun menyesuaikan akan bisa menampung banyak orang pula, katering dan kapasitas tempat pernikahan juga semakin besar. Jadi, kamu harus bijak menentukan biaya total pernikahanmu. Ini adalah langkah awal dalam menambah atau mengurangi tamu undangan.

  1. Menentukan berdasarkan hubungan kedekatan

Ketika kamu memiliki banyak teman, membuatmu ingin mengundang semuanya untuk hadir dalam pesta pernikahanmu. Hal itu sah-sah saja kamu lakukan, mengundang teman dari berbagai kenalan yang kamu dapatkan selama ini. Tapi, alangkah baiknya agar daftar tidak membengkak, tentukan tamu undangan berdasarakan kedekatanmu. Kalau kamu tak terlalu dekat dengan beberapa teman, utamakan undang teman-teman yang kamu anggap teman kenal dekat.

  1. Utamakan keluarga besar

Tentukan jumlah undangan dengan mengutamakan lingkungan terdekatmu, yaitu keluarga besar. Keluarga besar merupakan saudara-saudara kamu yang paling dekat yang telah kamu jalin. Mengundang mereka menjadi sarana silaturahmi dan mengenal lebih dekat lagi.

  1. Tidak perlu merasa bersalahsaat tidak mengundang teman

Umumnya, kalau kamu telah mengenal seseorang kemungkinan untuk mengundangnya juga besar. Tapi yang harus kamu cermati adalah ketika tidak mengundang teman yang baru dikenal atau lainnya, tidak usah bawa perasaan dan berpikiran negatif. Coba bayangkanlah jika kamu mengundang temanmu dari TK hingga saat ini, pasti banyak sekali bukan? 

Begitulah beberapa tips menentukan jumlah tamu undangan. Semoga kamu tidak bimbang lagi dan ragu menambah dan memangkas daftar tamu undangan perikahan ya. Semoga bermanfaat.