Kamu Tertarik dengan Cincin Rose Gold? Yuk Simak Ulasannya Dulu

 

Bahan cincin yang paling populer adalah terbuat dari logam mulia emas kuning. Namun jika kamu mempertimbangkan untuk memiliki cincin pasangan berbahan rose gold, tidaklah salah. Karena emas dengan kilauan merah muda ini sangat manis dan romantis ketika dijadikan cincin untuk pasangan. Sebelum membuat keputusan memilih rose gold untuk cincin lamaran atau pernikahan, ketahuilah hal tentang rose gold dulu. Seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Sejarah Rose Gold

Pada abad ke-19, rose gold populer di Rusia ketika Carl Faberge memakai logam indah ini. Selain itu, tahun 1924, Cartier dalam Trinity Band menampilkan rose gold sebagai ikonik mereka. Seja saat itu rose gold menjadi salah satu fine jewelry dan terkenal elegan. Daya tarik rose gold adalah warnanya yang cocok dan hampir cocok di semua warna kulit. Sifatnya yang universal membuatnya populer.

Apa itu Rose Gold?

Rose gold adalah perpaduan antara campuran emas dan tembaga, serta beberapa perak atau seng. Hasilnya dari berbagai senyawa logam tadi, menampilkan warna yang kaya. Walaupun ‘emas merah’, ‘emas merah muda’ kadang dianggap istilah yang sama, sebenarnya berbeda tergantung dengan kandungan tembaga sebagai penentu utama.

Tips yang perlu kamu tahu jika ingin membeli rose gold adalah kadar kandungan tembaga dalam cincin, ketika tinggi tembaganya kemerahannya pun juga meningkat. Kalau tujuan kamu memiliki warna merah yang pekat maka piih rose gold yang karatnya rendah. Misal rosegold 14k lebih merah merona daripada rose gold 19K. Rose gold dianggap titik tengah antara emas merah dan merah muda. 

Apa Rose Gold Tahan Lama?

Nah, kamu tidak usah khawatir karena keunikan rose gold sama tahan lamanya seperti emas putih atau kuning. Maka rose gold kadang tida perlu eksterior lapisan seperti jenis emas lainnya. Kelebihannya lagi yaitu cincin rose gold akan lebih tahan terhadap goresan daripada logam lainnya.

Apa Rose Gold Lebih Terjangkau?

Karena bahan campuran, mungkin kamu mengira harganya lebih terjangkau dari emas kuning. Tetapi, kamu juga perlu tahu bahwa emas kuning pun bisa mengandung tembaga pula. Ini persoalan logam campuran dengan kadarnya yang menentukan warnanya. Meskipun ada perbedaan harga yang dapat kamu abaikan, semua tergantung pada pembeli. Jumlah emas biasanya dipilih dalam cincin kawin sebagai perhiasan. Kemungkinan terbesar harganya akan sama.

 

Poin baiknya adalah Rose gold memberi kesan unik dan trendi dengan warna yang romantis!