Kapan Saat yang Pas Melepas Cincin Pernikahan?

Setelah menikah, kamu akan mengenakan cincin pernikahan. Mungkin kamu ingin menunjukkan kebahagiaanmu karena baru saja menikah dengan memakainya kapanpun dan dimanapun. Tidak salah, kok. Karena cincin pernikahan adalah benda berharga yang pernah kamu miliki. Selain itu tersirat makna sebagai tanda kasih dan ikatan pernikahan kamu dan pasangan.

Meskipun kamu ingin memakainya setiap saat, ada kalanya kamu tahu waktu dan dimana memakai cincin agar kilaunya tetap terjaga. Melepas cincin di saat yang tepat bisa menjaga kondisi cincin tetap awet bertahun-tahun. Kapan saat yang tepat untuk melepas cincin kawin kamu? simak yuk!

Berolahraga

Banyak jenis dari kegiatan berolahraga, baik yang menggunakan peralatan khusus maupun tanpa alat. Kemungkinan cincin akan rusak bila terkena peralatan olahraga tersebut. Belum lagi jika cincin terjatuh tanpa sadar saat berolahraga dengan banyak gerakan. Kamu sebaiknya melepas cincin sebelum melakukan aktivitas olahraga untuk menghindari rusaknya cincin dan kehilangan.

Mandi

Ketika mandi, cincin yang kamu pakai akan terpapar busa sabun, kondisioner dan penggosok tubuh. Produk deterjen dapat menempel pada cincin dan meninggalkan residu kimia yang membuat tampilan cincin nampak pudar. Nah, sebaiknya kamu lepas sebentar ketika akan mandi.

Tidur

Kenapa dalam keadaan tidur kamu sebaiknya melepas cincin kawin? Kemungkinan cincin tersangkut di sarung bantal atau rambut anda bisa terjadi. Hal ini disebabkan bagi kamu yang tidur sering menggeliat. Lama kelamaan, cincin bisa tergores dan kerangka pada permata bisa tertekuk tanpa sengaja. Hal lain yang bahaya adalah kamu atau pasangan bisa terluka jika cincin memiliki bentuk yang lancip dan tajam. Simpanlah cincin di meja tidur yang terletak disamping tempat tidur agar kamu tidak lupa memakainya lagi.

Melakukan Pekerjaan Rumah

Jika kamu sering melakukan tugas rumah, seperti membersihkan, berkebun, mencuci baju dan piring, dan memasak, sebaiknya lepas cincinmu terlebih dulu. Melakukan aktivitas pekerjaan rumah berisiko merusak cincin mu tanpa kamu sadari. Daripada menyesal dan harus mengganti cincin kawin, lebih baik menghindari risiko rusaknya cincin.

Memakai Produk Kecantikan

Sama seperti produk yang mengandung deterjen, lotion dan produk kecantikan yang dipakai saat mengenakan cincin bisa meninggalkan residu di cincin. Seiring waktu, bahan kimia yang ada di produk kecantikan akan memudarkan kilau cincin indah milikmu. Agar tetap dalam kondisi yang bagus, pakailah cincin setelah menyelesaikan perawatan wajah dengan skincare atau kosmetik. 

Terlihat merepotkan? Tapi dibandingkan risiko rusak atau hilangnya cincin pernikahan kamu, kan? Semoga bermanfaat.