Tips Mengetahui Cincin Emas Asli atau Palsu

Anda ingin membeli cincin emas ? Tetapi anda tidak mengetahui bagaimana cara untuk membedakan mana emas asli dan bukan ?
Cara mengetahui emas asli atau bukan sendiri bisa dilihat daru beberapa ciri fisik atau pun yang tak terlihat. Namun untuk mengetahuinya juga ada trik tersendiri dan tentunya sebagai pembeli anda harus mengetahui hal ini. Karena bukan tidak mungkin jika toko emas tersebut menjual emas palsu bukan ? Yuk simak dibawah ini :

1. Fineness dan karat
Tentu dalam perhiasan emas kalian akan menemukan finenes atau cap dengan angka 999.9 ataupun tanda yang menandakan kadar emas. Biasanya ditandai dengan tulisan 10K, 14K, 18K, 22K atau 24K. Dan ditelakkan dibagian tertentu misalkan bagian dalam cincin/gelang sambungan kalung dan lainnya. Jika tulisan kecil anda dapat memastikan melalui kaca pembesar.

2. Perubahan warna
Adapun cara untuk mengetes anda dapat menggosok bagian tertentu dengan jari, tapi ingat jangan asal gosok ada beberapa bagian yang dapat diketahui dengan mudah keasliannya. Misalkan bagian yang sering di pegang tangan / gesekan tangan, anda dapat menggosok bagian tersebut dengan jari. Apabila palsu maka akan ada perubahan warna berbeda dan sangat cocok untuk mengetes emas dalam bentuk batang.

3. Gigit Emas
Jika emas tersebut asli maka dia akan tergores, terutama jika emas yang terkandung adalah murni. Akan tetapi cara ini tidak begitu di anjurkan karena akan merusak tekstur emas.

4. Tarik dengan magnet
Karena bukan logam magnetik tentunya emas tidak akan bisa ditarik oleh magnet. Jika emas anda tertarik oleh magnet ada kemungkinan besar emas anda adalah logam yang dilapisi atau diberi warna emas saja. Tetapi cara ini juga tidak dapat menjamin 100%.

5. Ukur kepadatan emas
Adapun caranya anda bisa isi gelas yang ada ukuran milimeter dengan air. Kemudian catat air sebelum emas di masukan dan ikat emas menggunakan benang kemudian celupkan secara digantung. Dan anda bisa cek kembali perbedaan tingkat air sebelum dan sesudah di rendam emas. Selanjutnya gunakan rumus kepadatan untuk menghitung yaitu kepadatan = massa / volume. Jika yang dihasilkan mendekati 19 g/ml maka artinya itu emas asli.

6. Menggoreskan emas
Sangat mudah anda hanya perlu menggoreskan pada keramik, batu atau kertas. Jika terdapat goresan hitam pada keramik itu artinya emas anda palsu dan jika tidak ada bekas berarti emas tersebut asli.

Setelah mengetahui beberapa cara diatas, maka pastinya anda akan lebih berhati-hati untuk membeli emas. Agar anda lebih aman dalam membeli perhiasan emas belilah di toke emas yang dilengkapi sertifikat karena emas yang memiliki sertidikat ini ditanggung keasliannya oleh toko tersebut. Semoga bermanfaat :)