Langkah Mudah Gelar Private Wedding yang Indah

Tertarik resepsi pernikahan yang lebih sederhana dan hanya untuk keluarga terdekat? Kamu bisa menggelar private wedding reception,untuk lebih dekat dengan tamu undangan. Suasana pesta tidak begitu sesak sehingga lebih leluasa bercengkerama dengan para tamu di hari pernikahanmu. Meskipun daftar tamu yang hadir hanya sebatas keluarga dekat dan sahabat dekat, pernikahan konsep ini punya tantangan juga. Dilansir dari thebridedept.com, langkah mudah memulai persiapan private wedding dapat kamu simak berikut ini.

  1. Beri kabar keluarga dan teman-teman

Pertama, kamu harus menyebarkan kabar bahagia pernikahanmu kepada keluarga dan teman-temanmu. Tentu saja, kabari bahwa kamu akan menggelar konsep pernikahan yang private. Hal ini perlu kamu pastikan untuk menjaga perasaan mereka bila nanti tak masuk dalam daftar tamu. Jelaskan juga alasan kenapa memilih konsep ini dengan pertimbangan yang sudah kamu putuskan. Bukan tidak mungkin, mereka tetap mengerti pilihanmu dan tetap mendoakan yang terbaik untuk hari bahagiamu.

  1. Fokus pada konsep yang dipilih

Mempersiapkan konsep pernikahan dengan konsep yan bersifat pribadi cukup mudah. Hanya saja, terkadang teman-teman dan keluarga yang memberikan saran terkesan memaksakan pilihan untuk pasangan calon pengantin. Lebih baik untuk fokus terhadap pilihanmu bersama pasangan. Kalianlah yang berhak mengambil keputusan untuk pernikahan ini. Sedangkan saran-saran dari keluarga dan teman-teman cukup kamu dengarkan dan mempertimbangkan keinginan meraka. Bagaimanapun juga, mereka ingin perhelatan bahagia kalian lancar.

  1. Buat rencana yang rapi

Setelah yakin mengambil pilihan konsep pernikahan, buatlah rencana anggaran. Ini langkah awal untuk menentukan banyaknya tamu undangan dan perjamuan makan di hari pernikahan. Alokasikan biaya untuk hal-hal penting, seperti lokasi dan katering. Bila rencana sudah tersusun dengan baik, acara pun akan sukses nantinya. Jangan ragu untuk bertanya tentang perencanaan anggaran pada orangtua atau saudara kamu, ya.

  1. Membuat daftar nama tamu

Poin ini adalah proses yang mudah tapi membuat dilema. Mudah karena kalian senang dapat menulis nama tamu hanya sedikit, namun susah karena kemungkinan tergoda menambah daftar nama melebihi perencanaan. Kemungkinan karena kalian bingung memilih siapa saja yang ingin diundang ke private party. Tipsnya, buatlah 3 kategori tamu undangan. Pertama, tamu penting yaitu keluarga dan saudara dekat. Kedua, sahabat-sahabat terdekat. Ketiga adalah saudara atau teman-teman yang tidak terlalu dekat. Nah, untuk mengurangi membludaknya tamu, kamu bisa mengurangi kategori ketiga.

Itulah langkah awal yang harus kamu lakukan dan lewati untuk pernikahan yang sifatnya cukup tertutup. Sekecil apapun resepsi pernikahanmu, jangan sampai stres melanda ya. Karena kesehatan adalah yang terpenting di hari spesialmu. Semoga bermanfaat.