Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Siapkan Dana Menikah, Sebuah Perjuangan Bersama

Ketika kamu mulai menyiapkan pernikahan, membuat kamu dan calon pasangan kadang berpikir ulang untuk belanja sembarangan. Demi mewujudkan hidup bersama di bawah ikatan pernikahan kalian bakal sibuk mengumpulkan dana. Agar tabungan pernikahan kalian bisa seimbang, rencana nabung berdua dengan calon kamu sebaiknya dimulai dan dibicarakan jauh-jauh hari.

Tapi, kendala di dalam menabung berdua sering dirasa sulit. Susah untuk menyisihkan uang pendapatan. Di ulasan ini, kamu yang sedang kesulitan menabung untuk menikah akan mendapat tips yang mungkin membantumu agar dana menikah cepat terkumpul. Seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber, simak langkahnya berikut. Simak dan ikuti dengan disiplin yuk!

  1. Tekankan disiplin diri jika kamu memang niat menikah. Cuma kamu yang bisa membangkitkan disiplin menabung ini.

Mengumpulkan uang memang susah, untuk itu kamu harus punya niatan kuat dan konsisten menabung. Tanamkan mindset bahwa kalian wajib menyisihkan uang setiap bulan layaknya cicilan. Dengan begitu, kalian tidak menyepelekan dan lupa untuk menabung tiap bulan.

  1. Cara efektif untuk memotivasi dan saling berkomitmen, kalian bisa membuka rekening baru bersama.

An kemantapan untuk menabung bisa dengan membuat rekening bersama, khusus untuk tabungan pernikahan. Selain mengingatkan komitmen berdua, biaya adminitrasi bisa hemat bila satu untuk berdua.

  1. Agar lebih banyak iritnya, kamu bisa mengkali dengan memasak sendiri atau bawa bekal jika bekerja.

Pengeluaran biaya makan bisa kamu pangkas dengan memasak dan bawa bekal. Daripada jajan dan menghabiskan lebih banyak pengeluaran cara ini lebih irit. Dengan mengakali biaya makan tiap harinya tentu tabungan cepat terkumpul. Terlebih lagi kamu bisa membiasakan diri untuk memasak sendiri, hitung-hitung belajar masak ya.

  1. Untuk meningkatkan tabungan, kamu bisa investasi agar angka rekeningmu semakin bertambah.

Biaya menikah bisa didapat dari hasil kamu investasi juga, loh. Cara ini mampu mendongkrang tabungan biasa kalian. Lebih cepat lebih baik, bukan?

  1. Agar biaya jalan-jalan kamu tetap ada, cobalah alternatif tempat yang lebih murah. Tempat wisata lokal yang lebih terjangaku, misalnya.

Nah, menabung tidak harus mengurangi jatah kamu untuk refreshing. Kamu harus pandai menyiasatinya dengan lokasi yang menarik namun aman bagi isi dompet. Justru kamu bisa lebih mengeksplor tempat-tempat yang jarang kalian kunjungi. Atau untuk melepas penatmu kamu bisa refreshing dirumah dengan melakukan hobi kamu.

Menikah memang butuh usaha ekstra. Kecuali jika keuangan kalian bukanlah kendala utama. Semoga tips ini membantu kalian, ya.