Nilai Berlian Paling Mahal yang Membuat Dompet Kering

Batu mulia yang sangat berharga seperti berlian memang terbilang mahal harganya. Produk tambang yang menghasilkan intan berlian adalah benda yang dijadikan perhiasan kelas atas dan biasanya untuk mempercantik cincin. Tapi seberapa mahalnya harga berlian? Berikut harga berlian termahal yang ada di dunia, yang mungkin hanya sebagian orang tertentu yang dapat memilikinya.

Perlu diketahui juga, satuan Carat pada berlian disini bukan perhitungan emas. 1 Carat ialah 0,2 gram.

  1. Wittelsbach-graff diamond - $ 16,4 juta (sekitar 160 miliar rupiah)

 

Wittelsbach Diamond (35,36 Carat/ 7,11 gram) adalah berlian biru yang pernah menjadi bagian Mahkota Kerajaan Austria. Tahun 2008 dijual kepada Laurence Graff, ahli perhiasan. Bagian berlian ini dipotong dengan maksud memperbaiki bentuk, dan menjadi lebih ringan 4 carat.

  1. The steinmetz pink - $ 25 juta ( sekitar 243 miliar rupiah)

 

Berlian berwarna merah cenderung pink ini berbobot 59,60 carat atau 11,92 gram. Asalnya dari Afrika Selatan dan merupakan salah satu berlian langka. Kini berlian merah ini disimpan di Museum Smithsonian. Bentuk megahnya butuh waktu 20 bulan menghasilkannya.

  1. De beers centenary diamond - $ 100 juta (sekitar 970 miliar rupiah)

Berlian yang tidak berwarna alias bening ini memiliki berat 273, 85 carat atau 54,88 gram. Warna beningnya mempunyai arti kesempurnaan luar dan dalam. Maka tak heran harganya mahal. Berlian terbesar ketiga yang pernah ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan.

  1. The hope diamond - $ 350 juta (sekitar 3,4 triliun rupiah)

Hope diamond adalah batu belrian 45,52 carat atau 9,1 gram berwarna biru paling terkenal karena terbesar di dunia. Batu mulia ini disimpan di Museum Smithsonian, Washington. Berlian biru cantik ini pernah dimiliki oleh Louis XIV dari Perancis. Pernah juga dicuri berulang kali namun dapat ditemukan kembali.

  1. The cullinan - $ 400 juta (sekitar 3,9 triliun rupiah)

Batu berlian ini memiliki berat awal 3.106,75 carat (621,35 gram) dan ditemukan tahun 1905 di tambang Premier Afrika Selatan. Lalu sekarang batu indah ini dipecah menjadi 9 bagian berlian lebih kecil. Bagian kecil berlian ini dinamai Cullinan I sampai IX. Berlian ini termasuk dalam daftar batu mulia terbesar di dunia.

  1. The sancy diamond - tidak ternilai (unestimated)

Berlian berwarna kuning pucat dengan berat 55,23 carat (11,05 gram) ini tidak ternilai harganya. Alasannya? Sancy diamond memiliki sejarah lebih 600 tahun dan berada di Mahkota Kerajaan Perancis. Berlian ini memiliki simetri sisi yang sama, indah sekali.

  1. Koh-i-noor - tidak ternilai (unestimated)

Nama Koh-i-noor berati Mountain of Light atau gunung cahaya. Asal batuan mulia terbesar dunia ini adalah Persia. Beratnya 105 carat atau 21,6 gram. Begitu berharganya karena pemiliknya adalah berbagai raja. untuk mendapatkannya pun lewat hasil peperangan. Hingga akhirnya Inggris menguasai India Timur dan menjadikan berlian ini bagian dari Mahkota Inggris.

Sangat mahal bukan? Bahkan tidak ternilai harganya. Berlian memang batu intan yang mulia dan menjadi simbol kerajaan. Tapi berlian yang lainnya masih bisa kamu miliki, tentunya bukan berlian yang tidak membuat dompet kering ya.