Pakai Bridesmaid saat Pernikahan, Penting atau Tidak?

Sebenarnya, hal yang membuat pernikahan semakin berkesan adalah hadirnya keluarga dan sahabat. Momen yang begitu sakral ini akan terasa sangat berharga jika dihadiri oleh orang-orang tersayang, tak terkecuali pendamping pengantin perempuan yakni Bridesmaid. 

Mereka hadir bukan hanya sebagai pemanis dan pelengkap acara, ternyata bridesmaid punya peranan yang cukup penting lho. Yuk simak, ini dia yang perlu kamu ketahui soal bridesmaid!

Apa itu Bridesmaid?

Bridesmaid merupakan orang-orang yang menemani mulai dari awal hingga akhir acara pernikahan. Biasanya, yang menjalani peran ini adalah orang terdekat dari pengantin wanita, seperti keluarga, sahabat, maupun rekan dekat. Jumlah dari bridesmaid tidak menentu, ini disesuaikan dengan pilihan dari pengantin wanita.

Ciri dari Bridesmaid

Bridesmaid biasanya dapat dikenali karena memakai baju kembaran saat hari pernikahan. Mereka identik dengan busana kebaya yang kembar dengan warna dan bahan yang juga sama persis. Meski model baju dapat berbeda, namun mereka menggunakan warna yang senada dari kain yang serupa. Biasanya, kain tersebut didapat dari pihak pengantin yang menyediakan, atau bisa juga inisiatif sendiri. 

Bridesmaid dan Pagar Ayu Sama?

Bridesmaid sebenarnya sudah ada sejak lama, namun memang menjadi tren akhir-akhir ini. Sebelumnya, istilah pendamping pengantin wanita disebut dengan Pagar Ayu. Biasanya, pagar ayu ada di sebuah acara pernikahan dengan adat Jawa.


Meski mirip, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bridesmaid dapat disebut sebagai pendamping pengantin wanita, namun pagar ayu disebut sebagai pengiring pengantin wanita. Perbedaan lainnya, pagar ayu dipilih dari pihak keluarga, sedangkan bridesmaid bisa melibatkan orang lain di luar keluarga.

Tugas/Peran Bridesmaid

Tugas bridesmaid terbilang cukup penting, bahkan tidak kalah dari panitia pernikahan itu sendiri. Dikarenakan bridesmaid dipilih dari orang-orang terdekat para pengantin, maka mereka bertugas untuk menemani sang pengantin saat melakukan bridal shower. Bahkan mereka bertugas untuk membantu pengantin wanita menentukan konsep gaun yang akan dipakai saat hari-H. Mereka juga harus siap menjadi tempat curhat bagi pengantin wanita saat melalui fase persiapan pernikahan. 

Jadi, Penting atau Tidak?

Jawabannya bisa iya atau tidak, tergantung keputusan dari pihak pengantin nih. Tidak sedikit pengantin yang memutuskan untuk menghadirkan bridesmaid, namun juga tidak sedikit yang memilih tidak menggunakannya. Walau begitu, orang-orang terdekat tetap hadir pada acara pernikahan tersebut. 

Biasanya, orang terdekat akan tetap menggunakan busana kebaya yang kembar dalam rangka menunjukkan kekompakan dan rasa cinta mereka. Ini tidak hanya untuk mempercantik, tapi bisa sebagai penyemangat dan memberi efek menenangkan bagi para pengantin selama prosesi pernikahan. 

Gimana? Kalian akan memutuskan untuk menggunakan bridesmaid atau tidak nih? Ingat ya, semua ini perlu didiskusikan oleh pasangan dan juga keluarga. Tapi keputusan kalian berdua lah yang paling penting. 

Merayakan pernikahan, gak cuman soal bridesmaid aja yang perlu untuk dipikirkan. Cincin jadi aspek paling penting yang gak boleh sampai kamu lupain. Kamu bisa dapatkan cincin impian kamu dengan bahan logam yang bervariasi di Spilla Jewelry. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi juga, ya! Let’s check it out!