Perhiasan Paling Mewah di Dunia yang Mungkin Baru Kamu Ketahui!

Perhiasan adalah benda berharga sepanjang sejarah, entah tujuannya sebagai simbol cinta, tanda status, ataupun sekadar fashion saja. Perhiasan bisa dikatakan berharga karena terbuat dari bahan logam yang cukup mahal. Namun ada juga perhiasan dari logam dengan harga cukup murah. Inilah mengapa perhiasan dapat digunakan berbagai kalangan masyarakat tergantung dari nilai perhiasan tersebut.

Nah, perhiasan dari permata dan logam yang paling berharga, hanya orang tertentu saja yang bisa memakai. Seperti barang mewah lainnya, terdapat perhiasan yang nialainya lebih tinggi dari umumnya. Apa saja perhiasan yang paling mewah di dunia? Berikut ini telah dirangkum dari berbagai sumber tentang perhiasan termahal. Simak yuk!

  1. Cincin Tunangan Putri Diana

Cincin Ceylon safir 18 karat yang dikelilingi oleh 17 berlian round brilliant telah lama menjadi ikon. Pada zaman Putri Diana, biaya cincin pasangan kerajaan setara dengan 60.000 dolar AS, jika dikonversikan hari ini akan bernilai hingga setengah juta dolar. Akibat kontroversial dan fenomena di seluruh dunia, Diana memilih sebagai cincin tunangan, Prince William lalu memberikannya kepada Kate Middleton. Ahirnya mengbah cincin menjadi warinan dan sejak itu menjadi budaya perhiasan kerajaan.

  1. Hope Diamond

Berlian ini merupakan perhiasan paling terkenal di dunia karena diserati misteri dan legenda dibaliknya. Beratnya 45,52 karat, berlian Fancy Deep Grayish Blue dengan clarity VS1 juga merupakan berlian biru terbesar di dunia. Berlian Hope Diamond awalnya dimiliki Raja Louis XIV, lalu berpindah tangan selma berabad-abad sampai dibeli pembuat perhiasan terkenal Harry Winston tahun 1949. Ia memodifikasi berlian dan mengembalikan ke pengaturan asli yaitu halo 16 berlian dan pada kalung berlian yang masih dipajang di Smithsonian.

  1. Gelang Panther Wallis Simpson

Karya Wallis Simpson ini membuat perhiasan yang terkenal, sebuah gelang panther. Gelang panther luar biasa ini sensasional yang menjadi contoh sempurna perhiasan yang menjadi makna berarti. Bukan karena ukuran atau batu-batu yang mahal, namun merujuk pada kejeniusan dan kesenian dari karya seniman. Dulu dimiliki King Edward III, dan akhirnya dijual kepada pembeli seharga 12 juta dolar AS. Ada rumor mengatakan kalau bintang terkenal Madonna yang membeli gelang ini secara anonim. Gelang ini menngambarkan bentuk macan kumbang dan memiliki berlian onyx, dan zamrud hijau untuk mata.

  1. Tiffany Yellow

Perhiasan ini dipamerkan di gerai andalannya di Fifth Avenue di Manhattan, 128. Wash Intense Yellow cushion cut diamond adalah salah satu berlian kuning terbesar yang diketahui di dunia saat ini. Saat ditemukan ditambang Kimberley, Afrika Selatan pada tahun 1877, dengan berat kasar 287,42 karat, merupakan berlian terberat saat itu. Hal yang unik dari berlian ini yaitu diketahui hanya pernah dipakai dua kali dalam sejarah, oleh Mrs Sheldon Whitehouse di 1957 Tiffany Ball dan Audrey Hepburn tahun 1961 untuk publisitas film Breakfast at Tiffany's. Saat ini berlian ini terpasang pada kalung berlian.

  1. Heart of the Ocean Diamond

Oscar Berlian ini terinspirasi dari film blockbuster 1997, Titanic yaitu kalung "Heart of the Ocean Diamond". Kalung ini dibuat untuk Gloria Stuart, yang memiliki berlian biru 15 karat dengan perkiraan harga 20 juta dolar AS. Membuat berlian ini bernilai tinggi dan termahal. Perancang perhiasan Asprey & Garrard merancang kalung dengan safir 170 karat dan 65 berlian bundar (masing-masing seberat 30 karat). Penyanyi Celine Dion pernah memakai kalung itu selama dua hari juga untuk Oscar. Ia memakainya saat menyanyikan lagu "My Heart Will Go On". Sotheby kemudian melelang kalung itu seharga 2,2 juta dolar AS.

Berlian yang indah dan mahal ini mungkin bernilai tinggi karena unsur sejarah dan cerita yang menyertainya. Nah, perhiasan apa yang bagi kamu bermakna paling berharga?