Persiapan Nikah Anti Ribet Karena Pengaruh Orangtua dan Mertua

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk putra-putrinya. Mulai dari bayi hingga kamu siap melangkah menuju pelaminan akhirnya. Orangtuamu pasti berat hati namun bersyukur kamu sudah siap dibawa pergi oleh seorang pria yang jadi suamimu. Tentunya tak heran jika orangtuamu, entah ayah atau ibu kamu yang ribet ketika merencanakan pernikahanmu.

Sayangnya, terkadang perbedaan pendapat terjadi antara kamu dan orangtuamu. Apalagi tidak hanya melibatkan satu keluarga,  namun dua keluarga. Calon mertua pasti juga turut ikut mengurusi persiapan nikah kalian. Agar tidak terjadi drama pernikahan, tips dari hipwee.com berikut bisa kamu coba. Simak yuk!

  1. Buat keputusan di jauh-jauh hari

Agar tuntutan orangtua tidak mengubah rencanamu yang sudah kamu inginkan, buatlah keputusannya jauh-jauh hari. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menolak tuntutan orangtua yang ingin mengubah rencana pernikahan. Jadi, kamu tidak akan dipaksa lagi oleh ibu kamu karena sudah terlanjur memesan vendor dan katering pilihanmu.

  1. Katakan tolong dan terimakasih pada orangtua agar merasa dihargai

Orangtua memang selalu memberi yang terbaik untuk anaknya. Kamu pun juga sering meminta bantuannya ketika ada masalah. Nah, agar usaha dan bantuan orangtua kamu merasa dihargai, ucapakan kata yang bisa mengekspresikannya. Ucap tolong saat kamu butuh bantuan, misal dalam memilih gedung yang cocok. Dan katakan terimakasih setelah apa yang dilakukan oleh orangtua.

  1. Minta bantuan saudara atau kerabat untuk penengah keputusan anata kamu dan orangtua

Agar kamu bisa ‘mengendalikan’ ibu atau mertua kamu dalam mencampuri urusan persiapan nikahanmu adalah bantuan saudara dan kerabat. Jika terjadi perdebatan yang sulit untuk mencapai keputusan, maka saudaramu bisa jadi media penengah agar cepat selelsai mengambil pilihan yang sedang didiskusikan.

  1. Harus bisa berkompromi dengan orangtua ataupun mertua

Kamu harus siap berdiskusi dengan kompromi, terlebih kalau beliau ikut menanggung biaya pernikahanmu. Ada waktunya kamu akan terpaksa menuruti keinginan orangtua atau mertuamu karena sudah tak bisa alasan lagi. Nah, kamu harus siap berkompromi, menjelaskan bagaimana cara terbaik untuk masing-masing pihak. Lagian, acara pernikahan kalian sukses, kedua keluarga juga pasti senang.

  1. Bila semua tak berhasil, solusinya biayai pernikahanmu dengan uang sendiri

Jalan keluar satu-satunya jika tidak bisa diajak kompromi adalah mendanai pernikahan sendiri. Kalian punya keinginan merencanakan pernikahan yang sama-sama kuat. Daripada bingung karena tak bisa memilih keputusan dengan tenang, mending pertimbangkan dengan membiayai pakai uang sendiri. Dengan begitu kamu bisa leluasa menggunakan biaya sesuai rencanamu dan pasangan.

Keinginan yang aneh-aneh dan ribet dari orangtua dan mertua adalah salah satu bentuk kasih sayang mereka. Tujuannya cuma ingin kalian bahaga. Selama itu cocok dengan keputusan kalian, tidak masalah bukan?