Platinum dan Emas Putih Sama ?

Platinum merupakan logam mulia yang pertama kali di temukan oleh Antinio de Ulloa tahun1735. Platinum berasal dari bahasa spanyol yaitu platina, platinum biasanya ditemukan bersama logam lainnya.
Saat ini hampir 50% penggunaan Platinum untuk perhiasan, sementara 20% untuk industri. Afrika selatan sendiri saat ini merupakan negara penghasil platimum terbesar di dunia. Yang kedua adalah Rusia, diikuti Amerika.

Sebagai perhiasan samakah emas putih dan platinum ?

Jawabannya adalah Emas Putih Bukanlah Platinum. Walaupun Emas dan platinum sama - sama memiliki sifat yang tidak mudah teroksidasi, tetapi platinum memiliki sifat yang lebih kalalytic. Misalnya jika emas tergores contohnya goresan disini merupakan goresan yang bersifat micro maka jika dibiarkan lama kelamaan akan menimbulkan efek kuning kumal yang kasat mata. Berbeda dengan platinum jika lapisan platinum tergores (secara micro) tidak akan menimbulkan efek apapun. Oleh karenanya hal ini yang membuat emas perlu disepuh kembali agar terlihat mengkilat seperti baru.

Sementara platinum tidak perlu untuk disepuh kembali hanya cukup dibawa ke toko / ahli perhiasan dan diasana perhiasan anda akan dipolish ulang atau burnish tanpa menambahkan bahan lain ke dalam perhiasan platinum anda. Dan karena hal ini pula platinum menjadi lebih digemari dibandingkan emas.
Perhiasan emas memang lebih murah tetapi pemeliharaannya akan lebih sulit dibandingkan platinum. Tidak hanya itu logam platinum dalam perhiasan juga memiliki sifat hypoallergic sehingga tidak akan menimbulkan alergi apapun saat digunakan.