Saran buat kamu yang mempersiapkan pernikahan tapi LDR

Kalian sudah tahu kan kalau menyiapkan pernikahan bisa sangat merepotkan sekali dan membutuhkan komunikasi yang baik antar calon pengantin pria dan wanita serta masing-masing keluarga. Bagaimana kalau pasangan yang menjalani LDR alias terpisah jarak yang jauh? Kebayang bagaimana mengurus persiapan dengan komunikasi jarak jauh. Tapi, kalian tetap bisa tenang kok, masih banyak pasangan yang LDR namun tetap berhasil mempersiapkan pernikahan dengan mantap. Yuk lihat hal apa saja yang perlu diperhatikan saat prepare pernikahan meski menjalin hubungan jarak jauh.

  1. Pandangan dan harapan pasangan disamakan

Pasangan yang mau menikah namun terkendala jarak karena pekerjaan atau berbeda asal kota perlu membahas persiapan dengan mantap. Sebelum menentukan tanggal menikah, alangkah baiknya mulai menyamakan persepsi tentang pernikahan yang akan digelar. Samakan prioritas, visi hidup dan harapan ke depan yang ingin dilakukan.

  1. Mulai Berkompromi

Ketika persiapan pernikahan dilakukan oleh dua pihak keluarga, mestinya melibatkan sikap mau kompromi. Begitu pun pasangan yang akan menikah harus kompromi dan lebih fleksibel agar rencana pernikahan sesuai prioritas. Apalagi dengan kendala jarak jauh, harus lebih ekstra hati-hati terjadi kesalahpahaman.

  1. Jaga komunikasi

Pasangan LDR memang patut bersyukur sudah bisa memanfaatkan teknologi komunikasi kini untuk bertukar pesan dan kabar. Kalau kalian pasangan LDR, selalu aktifkan smartphone ketika mengambil keputusan persiapan pernikahan. Misalnya ketika memilih jasa wedding planner, tema resepsi pernikahan, dan update kabar setiap hari.

  1. Bahas topik lain agar tak bosan

Kalau kamu dan pasangan terus-terusan membahas tentang pernikahan, kemungkinan stress bertambah malah semakin lebih besar. Supaya tetap santai dalam mempersiapkan pernikahan kalian, luangkan waktu sejenak membahas topik apa saja selain persiapan menikah. Ini bermanfaat buat kalian agar tidak jenuh menyiapkan hari besar nantinya.

  1. Bersama-sama tetap komitmen dan jaga emosi

Hal penting lainnya bagi pasangan adalah komitmen, kompromi dan tetap saling jaga emosi. Hindari perdebatan dan luruskan bila terjadi miskomunikasi. Masalah mungkin sulit diselesaikan hanya lewat telepon. Maka itu, tetap konsisten berdiskusi dengan kepala dingin untuk meminimalisir perdebatan.

Satu hal yang penting adalah kerjasama tim dari kalian berdua sebagai pasangan. Semua yang dipersiapkan dengan keputusan yang disepakati bersama akan lebih baik hasilnnya. Semoga lancar hari H-nya, ya!