Sedang Persiapan Nikah? Hindari Kesalahan Ini

Siapa bilang mempersiapkan pernikahan itu tugas yang mudah? Susah-susah gampang, bukan? Banyak hal yang mulanya tidak tahu akhirnya kita harus mencoba dan memahami terkait pernikahan. Memilih tema adat atau modern, biaya, tempat pernikahan, tamu undangan, souvenir, dan lainnya pastinya membutuhkan waktu dan energi. Semua yang direncanakan tentu ada yang berhasil namun juga sebaliknya tak sesuai harapan. Perlu kesabaran pokoknya. Tapi, jika dilakukan dengan sebaik mungkin akan berjalan sesuai rencana. Kematangan rencana, diskusi, dan kerja sama merupakan kunci antar kedua belah pihak pasangan. 

Nah, dari hal itu kita bisa ambil pelajaran dari beberapa kesalahan dalam persiapan pernikahan yang umum terjadi, seperti berikut yang telah dilansir dari berbagai sumber. Baca ulasannya, yuk! 

  1. Melampaui anggaran

Kamu harus memastikan anggaran pernikahan untuk membeli apapun dan harus mematuhinya. Tidak ingin memulai pernikahanmu yang indah dengan jeratan utang, bukan? Dengan jumlah uang yang kamu miliki, sesuaikan perencanaan pernikahanmu sesuai budget, ya. Entah besar atau kecil biayanya, kamu bisa usahakan yang terbaik. Kalau kamu melewati batas anggaran yang sudah ditentukan pada satu elemen, maka pastikan memotong di tempat lain untuk menebusnya.

Ketika memilih lokasi pernikahan seringkali tak memperhatikan anggaran. Pasangan akan berangkat memilih tempat pernikahan, langsung suka dan memesannya tanpa membahas biaya sebelumnya. Nah, sebelum melihat tempat secara langsung dan memesan, diskusikan anggaran dengan pasangan. 

  1. Tanggal pernikahan

Bagaimana cara memilih tanggal pernikahan? Pilih tanggal yang paling sesuai untuk keluarga, biaya, dan tempat pernikahan. Misalnya kamu biasa bekerja di hari libur, bisa memilih hari lain yang pas buat kalian dan keluarga.

  1. Pilihan tempat pernikahan

Perencanaan tahap awal pernikahan biasanya adalah tempat atau lokasi pernikahan. Pemilihan tempat bisa jadi yang paling kritis, terkadang orang memilih tempat yang tidak sesuai selera estetikanya. Hal yang harus dihindari adalah pemilihan ruang yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk jumlah tamu yang diharapkan. Kamu tidak mau pernikahanmu terkesan sepi karena terlalu besar ruangan, dan sempit karena terlalu kecil ruangan pernikahan, bukan? kaitkan dengan anggaran di awal juga, ya.

  1. Tidak ada rencana cadangan untuk pernikahan outdoor

Bila gagal merencanakan bisa berakibat gagal acara. Lebih baik kamu sedia payung sebelum hujan, yaitu antisipatif dalam mempersiapkan pernikahan outdoor. Contohnya, kalau terjadi hujan deras, kamu sudah siap dengan cara mengatasinya. Kamu bisa menyiapkan tenda atau ruangan tertentu. Jadi selalu ada rencana cadangan alias rencana B

    5. Terlalu mengandalkan teman

Pasangan bisa terlalu sering mengizinkan teman untuk mengambil bagian persiapan hari pernikahan, seperti meminta jasa fotografi, memberi bagian untuk mengisi hiburan acara. Sebenarnya bukan berarti tak boleh, namun dengan porsi secukupnya jika melibatkan teman. Karena pernikahan adalah tanggung jawab pasangan mempelai dan ide terbaik mengandalkan diri sendiri atas sesuatu yang penting.

Semoga bermanfaat!