Tips Cara Tepat Band Memilih Cincin

Terkadang kita sering bingung bagaimana cara memilih band cincin yang tepat, yuk kita simak !

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara tepat dalam memilih cincin sesuai dengan apa yang ada dalam WikiHow . Mungkin untuk anda yang akan melakukan acara penting baik itu pertunangan ataupun pernikahan, tidak perlu bimbang lagi. Tentunya dengan pengetahuan yang tepat mengenai apa kriteria dalam sebuah cincin, serta kebahagiaan anda untuk wanita impian anda tentu anda akan menikmati proses ini. Proses dimana menyesuaikan pemilihan cincin dengan budget anda. Disini kami akan menyampaikan beberapa hal penting yang bisa menjadi pertimbangan untuk anda ketika memilih cincin.

  1. Memilih Band Cincin
    Ingat dalam memilih band cincin anda harus memilih yang tepat. Band adalah bagian cincin yang melingkar biasanya bisa terbuat dari emas, perak atau pun platina. Meskipun bisa saja terbuat dari kombinasi bahan logam yang lain. Anda juga harus mengetahui bahwa logam saling bergesekan dan mempengaruhi satu sama lainnya. Maka dari itu anda harus memperhatikan jenis logam yang digunakan serta cincin apa yang terbaik. Berikut perbedaan bahan dasar yang digunakan dalam membuat band cincin :
  • Emas, secara alami berwarna kuning bercampur jingga dan biasanya akan dilebur dengan logam lainnya agar menjadi lebih kuat. Ada beberapa orang yang lebih suka dengan warna kuning yang muda seperti emas 14 atau 10 karat.
  • Emas Putih merupakan emas yang dicampur dengan logam lain dengan sengaja untuk memberikan campuran warna putih ke abu-abuan dan juga harus disepuh dengan logam lain agar muncul warna keperakan yang cemerlang. Meskipun penyepuhan ini terkadang akan memudar.
  • Platina merupakan logam keras, kuat dan berwarna keperakan alami namun lama-lama akan memudar karena sering di pakai tetapi ini juga bukan masalah bagi kebanyakan orang.
  • Perak, bahan ini jarang dipilih untuk dijadikan sebuah cincin tetapi harganya lebih murah. Biasanya perak ini dilebur dengan logam lain untuk mempertahankan kekuatan dan kilaunya.
  1. Pilih Setting dan permata yang tepat.
    Setting ini mengacu pada bagian cincin yang mengikat permata yang akan menempel pada band. Setting ini biasanya bisa berbentuk pagar ataupun tak terlihat. Beberapa cincin bisa menggunakan kombinasi setting platina dengan band emas karena alasan tertentu seperti mampu menampilkan kilau warna khusus dan kontras, berlian memancarkan warnanya sendiri dan lain sebagainya.  Setting permata dengan bezel paling tidak enam pagar cenderung lebih aman apabila digunakan untuk sehari hari.
  1. Periksa daya tahan band. Daya tahan band ini sangat penting karena gesekan dan benturan yang konstan dari aktifitas sehari – hari juga dapat merusak band. Contohnya gesekan antara kertas dengan band emas juga akan berperan seperti amplaz halus. Jika anda mampu maka platina, titanium baja merupakan bahan yang lumayan kuat dibanding emas. Semakin murni emas maka akan semakin lunak dan rentan.
  2. Memilih ukuran yang tepat. Ingat anda harus tahu bahwa ukuran jari dengan cincin yang tepat juga akan berpengaruh. Anda bisa meminjam cincin calon pasangan anda dan membawa ke toko cincin yang akan anda beli.