Tips Hadapi Sifat Saudara Ipar Agar Silaturahmi Tetap Jalan dan Nyaman

Ketika kamu menikah dengan seseorang, pasti kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan keluarga pasanganmu. Apalagi kalau kamu akan tinggal di rumah mertua dan sering bertemu dengan saudara-saudara iparmu. Iya, memiliki saudara ipar bisa menyenangkan, tapi beberapa kasus bisa jadi masalah kecil akan kamu hadapi karena perbedaan sifat kalian. Jika kamu sering mengalami masalah dengan saudara iparmu, ada tips yang bisa kamu lakukan. seperti hal berikut yang telah dikutip dari berbagai sumber, simak bersama yuk!

  1. Bicarakan dengan baik-baik jika terjadi perbedaan pendapat.

Kamu yang mengenal pasangan sudah lama saja masih berpotensi berbeda pendapat dan bertengkar, apalagi dengan saudara iparmu. Memang, beda pendapat adalah hal wajar sering terjadi. Ungkapkan saja pendapatmu dengan santun dan dengarkan iaprmu ketika bicara. Siapa tahu kalian bisa akrab setelahnya.

  1. Jangan diambil hati bila seandainya memiliki saudara ipar yang galak

Bila suasana hatimu sering memburuk karena perkataan saudara ipar yang tiba-tba menyerang, jangan dimasukkan hati dulu. Terkadang menyebalkan dan ingin membalas dengan kalimat lebih pedas untuk iparmu. Tapi kamu perlu menguasai emosimu. Hubungan bisa renggang karena emosi sesaat. Belum lagi hubungan dengan mertua yang menyaksikannya.

  1. Bersikap tegas jika utang piutang dianggap biasa saja dengan dalih berkeluarga.

Rasa canggung lama-lama kan memudar dan perihal utang piutang dianggap wajar tida dibayar. Jika iparmu meminjam sekali dua kali itu hal wajar, namun kamu perlu tegas jika berulang kali tidak membayarnya. Kamu mungin merasa tida ena untuk menolak tapi kamu harus bisa menegaskan sendiri ya.

  1. Jika menemui saudar ipar yang terlalu kepo dengan rumah tanggamu, batasi hal untuk diceritakan kepadanya.

Kemungkinan saudara yang ikut campur bisa datang dari saudara ipar. Rasa penasaran dan kepo terhadap rumah tanggamu mungkin bisa membuatmu risih. Awalnya mengobrol dengan ipar akan nyaman dan memberi solusi, namun kamu harus beri batasan jika kebablasan.

  1. Tetap bersikap ramah dan tidak angkuh

Sikap ini harus kamu ambil dalam segala situasi, misalnya pasanganmu dulunya sayang terhadap adiknya (saudara iparmu) setelah ada kamu bisa jadi dia merasa iri karena perhatiannya fokus kepadamu. Namun kamu harus tetap bersikap wajar dan jangan angkuh terhadap ipar. Ajaklah jalan-jalan bersama untuk mebangun hubungan yang nyaman sebagai saudara ipar.

Kunci agar hubungan persaudaraan tetap terjaga adalah jangan mudah terbawa emosi dan terus bersikap positif ya. Semoga bermanfaat.