Tips Jitu Menabung untuk Pernikahan Impian

Sekarang, menggelar pernikahan perlu biaya yang tidak sedikit. Semua keperluan hampir naik harga. Buat kamu yang merencanakan pernikahan, siapkan sekarang kebutuhan finansialnya. Apalagi kamu dan pasangan ingin membiayai pernikahan sendiri, perlu jauh-jauh hari deh. Jalan satu-satunya ialah menabung, guys! Apa tipsnya agar sukses mengumpulkan biaya pernikahan? Berikut yang telah dilansir dari thebridedept.com. Simak ya.

  1. Perkirakan biaya sesuai rencana pernikahan

Bagi kamu yang merancang pernikahan sendiri maupun memakai wedding planner, biaya diluar dugaan bisa muncul diluar perencanaan. Nah, kamu perlu estimasi budget pernikahan dengan teliti, dan pastikan semua tertutupi biayanya. Utamakan perencanaan yang masuk akal dan selalu update biaya vendor dan lainnya. Setiap pasangan masih bisa menggelar pesta pernikahan berkesan tanpa menambah budget yang sudah ada.

    2. Kamu harus berhemat

Kalau sudah pasti ingin menikah, kalian harus mulai menghemat untuk mewujudkan pernikahan yang diimpikan. Pasangan yang komitmen akan rela berhemat demi menghalalkan kamu. Cara menghemat pun bisa darimana saja, dari belanja, jalan-jalan, mulai-mulai dikurangin deh. Kalau makan, bisa bawa bekal saat bekerja. Singkatnya, perhatikan pengeluaran kamu, jangan sampai hura-hura dan tidak menyisakan untuk tabungan khusus pernikahanmu.

  1. Menabung dua arah

Menghemat tanpa menabung itu sama saja bohong, maka perlu menabung dua arah yang melibatkan masing-masing pasangan. Pendapatanmu dan pasangan jelas berbeda, usahakan presentase uang untuk tabungan pernikahan lebih banyak bagi yang income-nya tinggi. Jangan lupa untuk saling memotivasi. Ingat, pilih juga tabungan dengan jangka waktu yang sesuai dengan hari mendekati pernikahan. Apapun bentuk tabungannya, yang penting lancar persiapan untuk hari H.

  1. Tambahan penghasilan

Selain mengandalkan gaji utama dari pekerjaan utama, kamu bisa hasilkan pendapatan tambahan. Caranya? Manfaatkan skill khususmu untuk mencari kerja tambahan yang tidak mengganggu jam kerjamu. Bisa part-time atau freelance kok. Atau membersihkan barang-barang bekas dirumah yang tak terpakai untuk dijadikan uang tambahan. Semakin giat mencari pendapatan tambahan, semakin banyak uang tabungan.

  1. Manfaatkan kesempatan dan celah

Ada satu lagi tips agar biaya pernikahan semakin enteng, carilah promo-promo khusus wedding pada pameran, promo cincin pernikahan. Biasanya tiap tahun bahkan bulanan rutin ada pameran wedding planner, bagi kamu yang ingin memakai jasa ini ya. Bisa dapat potongan harga yang lumayan, dan bonus yang bisa meringankan beban biaya pernikahan.

Sudah yakin ingin mempersiapkan pernikahan? Tak usah khawatir bila keuangan akan jebol. Siapkan kebutuhan biaya pernikahan mulai sekarang dengan pandai mengatur tabungan. Menabung demi pernikahan gampang-gampang susah, asalkan niat dan saling dukung antar pasangan. Semoga pernikahanmu cepat dilangsungkan ya, Good luck!