Tips Menentukan Tanggal Pernikahan yang Sebaiknya Kamu Perhatikan

Hari Pernikahan tidak lepas dari tanggal kalender yang menjadi acuan utama sebagai tanggal acara spesial. Menentukan tanggal menikah biasanya adalah hal paling awal dilakukan sebelum urusan persiapan lain dilakukan. Bisa jadi perkara yang gampang-gampang susah saat memilih tanggal pernikahan. Artinya kamu bisa mengutamakan penanggalan yang baik, ketersediaan gedung, atau lainnya. Agar tidak sulit, simak dulu enam hal berikut yang telah dilansir dari berbagai sumber untuk memilih tanggal pernikahanmu. Apa saja sih?

  1. Persetujuan Semua Pihak

Hal paling penting yaitu tanggal pernikahan yang direstui oleh semua pihak. Khususnya untuk orangtua atau tetua yang ingin mencari hari baik dalam pernikahan sesuai adat daerah masing-masing. Maka kamu harus hargai pendapat beliau-beliau dan minta persetujuannya. Kamu harus ingat kalau menentukan tanggal jangan sampai bersitegang dan tetap mengedepankan tatakrama dalam keputusan bersama.

  1. Jarak dengan Sekarang

Sebaiknya kamu memastikan tanggal yang bisa memberikan jeda antara persiapan dengan tanggal hari H. Beberapa calon mempelai membutuhkan minimal 6 bulan atau 1 tahun, namun ada juga yang menyelesaikan persiapan pernikahan dengan waktu yang tak lama yaitu hanya dalam waktu 1 atau 3 bulan saja. Hal yang jadi pertimbangan adalah sesuaikan dengan kapsitas, kamu jangan terburu-buru ataupun terlalu lama memilih tanggal istimewa.

  1. Ketersediaan Venue

Apabila kamu salah satu calon pengantin yang memilih sewa venue, cocokkan tanggal dengan venue favorit yang kamu pakai. Cari beberapa alternatif venue yang cocok sehingga kamu tidak akan terburu-buru jika ada venue favorit yang sudah di booking. Jadi, banyak yang menyarankan untuk mencari tanggal pernikahan di bulan yang tak terlalu ramai bookingan, karena pasti tersedia, harga juga lebih murah.

  1. Pilih Tanggal Baik Ini

Tips untuk kamu saat memilih tanggal pernikahan yang akan disukai tamu undangan, misalnya menghindari tanggal tua karena biasanya teman-temanmu dalam kondisi keuangan yang aman di tanggal muda. Ada lagi yaitu pilih tanggal yang mendekati weekend atau hari libur agar acara ramai dan banyak yang bisa hadir memberikan doa untuk pengantin secara langsung. Meski ini hanya sebagai tambahan, namun tak ada salahnya mempertimbangkan tamu undangan saat memilih tanggal.

  1. Tidak Harus Tanggal Cantik

Tanggal cantik umumnya menjadi incaran pasangan yang akan menikah. Tanggal ini juga diperebutkan pasangan lain diluar sana yang ingin mengingat hari istimewanya dengan tanggal yang mudah diingat. Pasangan tidak mutlak memakai tanggal cantik, namun pilih saja tanggal yang bermakna bagi kamu dan pasangan. Misalnya tanggal ulang tahun atau tanggal tunangan agar selebrasinya pun bisa berbarengan.

  1. Tanggal Cadangan

Nah yang satu ini diperlukan kalau kamu menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka untuk berjaga-jaga, carilah tanggal cadangan yang berguna nantinya dan menyesuaikan dengan berbagai pihak juga. Tanggal ini bermanfaat untuk menghadapi hal lain yang tak bisa diantisipasi, seperti hal mendadak, cuaca buruk dan lainnya.

Semoga lancar pernikahannya!