Tips Menikah Muda Tanpa Membebani Orang Tua, Pasti Bisa !

Ingin menikah muda ? Bingung terkendala Biaya ? Yuk simak beberapa tips berikut untuk kamu dan pasangan yang memiliki rencana untuk menikah muda agar tidak memberatkan orang tua.

Memang banyak yang berpikiran untuk tidak menunda pernikahan, terutama bagi yang punya pacar. Banyak diantara mereka beranggapan menikah muda akan memberikan beberapa keuntungan. Tidak ada masalah apapun alasan kamu untuk menikah muda. Tetapi tentunya tujuan menikah ini akan lebih baik lagi apabila tidak merepotkan atau membebankan orang tua.

Sayangnya kebanyakan pasangan yang ingin menikah selalu terbentur dengan dana. Menikah sering kali membutuhkan dana yang tidak sedikit. Meski berat bukan berarti tidak bisa di realisasikan ya, yang terpenting adalah komitmen pasangan dalam mengatur keuangan. Menikah dengan uang sendiri bukan lagi hal yang mustahil. Berikut beberapa tips yang bisa membuat kamu merealisasikan rencana menikah mudah tersebut.

  1. Pahami kondisi keuangan kamu dan pasangan

Untuk tips ini pastikan kamu dan pasangan kamu saling terbuka mengenai kondisi keuangan masing-masing. Kalian mulai bisa menentukan pernikah seperti apa yang sesuai dengan keuangan yang dimiliki.

  1. Mulai menabung dengan menyisihkan penghasilan

Selama masih muda tentunya tanggungan hidup lebih sedikit bukan ? Jadi untuk menyisihkan 25% hingga 50% dari penghasilan untuk rencana pernikahan kalian masih masuk akal. Bahkan saat ini bisa jadi bukan kalian masih tinggal dirumah orang tua masing – masing.

Presentase untuk menyisihkan penghasilan ini sebaiknya di bicarakan baik – baik ya dengan pasangan. Setiap pasangan pasti memiliki keputusan masing-masing mengenai hal ini.

  1. Investasikan beberapa dana yang dimiliki

Selanjutnya agar nominal dana yang kamu rencanakan tidak meleset ada baiknya mulai sekarang untuk investasikan dana anda. Anda bisa menggunakan contohnya reksadana atau tabungan emas. Ingat harga kebutuhan pernikahan bisa saja naik sewaktu-waktu. Dari investasi ini anda dapat menutup inflasi tersebut.

  1. Mulai mencicil kebutuhan pernikahan dari awal

Agar anggaran semakin ringan anda juga dapat memulai untuk mencicil kebutuhan pernikahan anda. Dengan ini kamu bisa saja mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk kebutuhan pernikahan kamu. Contohnya kamu bisa mencicil untuk mulai membeli souvenir kemudian di lanjutkan dengan berbagai hal lainnya agar menjelang hari H kamu nggak perlu repot lagi dan kaget dengan harga kebutuhan pernikahan yang meningkat.

  1. Hemat saat pacaran

Jangan boros saat berpacaran ya ini merupakan salah satu tips wajib. Terutama tujuan kalian untuk menikah muda bukan? Jadi untuk apa berpacaran mewah ? Kamu bisa pacaran di rumah atau tempat wisata gratis. Eits tapi bukan berarti tidak bisa menikmati makan direstoran, nonton atau liburan ya. Tetapi hanya mengurangi porsi hal – hal tersebut.

  1. Memikirkan kebutuhan setelah menikah

Ingat menikah tidak hanya soal pesta pernikahan saja, tetapi masih ada kebutuhan setelah menikah. Misalnya kamu dan pasangan perlu untuk mengetahui dimana kalian akan tinggal, prioritas utama dan lain sebagainya.

Selain pesta pernikahan tentunya kalian harus menyiapkan dana setelah menikah, bagaimana caranya ? Tentunya dengan mulai menyisihkan dari awal rencana pernikahan.

Diatas merupakan beberapa tips yang telah kami kumpulkan, semoga sukses untuk kalian yang berencana menikah muda.