Tips Pernikahan Simple Namun Tetap Sakral dan Berkesan

Anggapan bahwa pernikahan itu harus mewah dan mengeluarkan budget tinggi, bisa kamu patahkan dengan konsep pernikahan yang simple. Caranya? Dengan berbagai tips yang dilansir dari berbagai sumber, inilah cara agar pesta pernikahanmu yang sah tetap berkesan indah:

  1. Venue di Halaman Rumah

Momen pernikahan biasanya berlangsung di gedung yang bisa memuat banyak tamu undangan. Namun, ada juga yang memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan tempat resepsi pernikahan. Ini cara hemat menekan biaya sewa gedung. Dekorasi pun bisa disesuaikan dengan seleramu dan tetap bisa melangsungkan pernikahan dengan sakral.

  1. Catering Buatan Rumah

Pernikahan tanpa masakan atau makanan enak tentu mengecewakan. Cara untuk menyiasati agar biaya tidak terpangkas di konsumsi, pilihan catering harus diperhatikan. Tipsnya, hidangan pesta yang dibuat orang rumah. Biasanya, di Indonesia menerapkan tradisi gotong royong membantu memasak hidangan untuk hajatan pesta pernikahan. Jadi, bisa disesuaikan menu yang pas untuk momen pentingmu.

  1. Undangan Cetak dan Online

Hal kecil namun penting seperti undangan juga ada tipsnya agar efektif dan terkesan simple. Undangan fisik dan undangan online bisa kamu terapkan. Undangan yang perlu dicetak dikhususkan untuk tamu atau keluarga terdekat yang bisa dijangkau dengan mudah. Sedangkan, undangan digital bisa dikirimkan lewat media sosial secara personal. Tampilan undangan juga bisa kamu pilih desain yang mewakili pernikahanmu, misalnya bahan kertas yang murah namun bisa dikreasikan menjadi undangan unik.

  1. Souvenir Minimalis dan Bermanfaat

Benda kenang-kenangan yang disebut souvenir menjadi pelengkap bila menggelar pernikahan. Sebagai ucapan terimakasih dan kenangan dari pihak pengantin, maka pilihlah sesuatu yang awet dan bermanfaat. Tidak harus mahal, sesuaikan budget namun tetap memiliki nilai keunikan tersendiri dan bisa digunakan, seperti kipas, tote bag mini, mug, bross, dan lainnya. Jangan lupa, dipercantik dengan kemasan manis.

  1. Pakaian Pengantin Sepaket dan Make Up Pesta Natural

Gaun pengantin wanita dan jas pria tidak harus membeli, sewa pun tetap sah-sah saja. Kamu bisa memilih paketan sewa pakaian pernikahan, untuk pengantin dan pendamping sekaligus. Banyak persewaan yang menawarkan desain cantik dan bervariasi. Lalu make up, minta bantuan teman atau jika bisa Do It Yourself (DIY), kalaupun memakai jasa MUA, pilih paket make up untuk pesta namun natural look.

Kalian bisa memilih salah satu tips diatas untuk konsep yang sederhana namun berkesan. Pesta atau resepsi pernikahan bisa kamu atur konsep dan biayanya se-simple mungkin, suasana tetap sakral dan selalu dikenang. Semoga membantu ya tipsnya...